Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Disiplin belajar siswa pada mata pelajaran geografi di SMA Swasta Methodist 8 Medan Semester Genap T.P 2015/2016 (2) disiplin belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran geografi di kelas X SMA Swasta Methodist 8 Medan Semester Genap T.P 2015/2016. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Swasta Methodist 8 Medan. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMA Swasta Methodist 8 Medan berjumlah 165 siswa. . Teknik pengambilan sampel penelitian dilakukan dengan random sampling sebesar 35%, sehingga jumlah sampel pada penelitian ini adalah 54 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik komunikasi tidak langsung dan teknik studi dokumenter .Teknik analisis data teknik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Disiplin belajar siswa kelas X SMA Swasta Methodist 8 Medan, diperoleh hasil bahwa tingkat disiplin belajar bernilai 2,98 dengan nilai rata-rata tertinggi berada pada disiplin belajar 3,15, nilai rata-rata terendah berada pada pada ketaatan terhadap tata tertib yaitu 2,85% , Hal ini menunjukkan bahwa disiplin belajar di SMA Swasta Methodist 8 Medan Semester Genap T.P 2015/2016 dikategorikan baik. (2) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara variabel disiplin belajar terhadap hasil belajar dengan besar kontribusi 84,64% dan dalam pengujian hipotesis Ha diterima dan Ho ditolak dimana thitung > ttabel (16,91>1,67469) dengan taraf signifikansi 0.000.