Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh (1) Kreativitas guru terhadap hasil belajar (2) pemanfaatan fasilitas belajar terhadap hasil belajar (3)Kreativitas guru dan pemanfaatan fasilitas belajar terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS pada mata pelajaran geografi di SMA Negeri 1 Batang Kuis T.A.2015/2016. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Batang Kuis sebanyak 4 kelas dengan jumlah siswa 143 orang siswa dan sampel yang digunakan adalah 105 orang. Metode pengumpulan data menggunakan angket. Teknik analisa data menggunakan analisis regresi linier berganda dengan bantuan program SPSS 20,0. Hasil yang diperoleh melalui analisis regresi dieperoleh Y = 36, 322 + 0,396 X1 + 0,135 X2 + e. Hasil dari pengujian secra parsial (uji t) diperoleh hasil bahwa kreativitas guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS pada mata pelajaran Geografi dengan nilai thitung > ttabel (6,102 >1,984), dengan sumbangan determinasi sebesar 30%. Dan pemanfaatan fasilitas belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS pada mata pelajaran Geografi dengan nilai thitung > ttabel ( 2,452 > 1,984 ) dengan sumbangan determinasi sebesar 10%.Secara keseluruhan digunakan Uji Fhitung, dengan hasil diperoleh Fhitung > Ftabel (26,954 > 3,09 ). Dengan sumbangan determinasi sebesar 34%. Dengan demikian hipotesis dalam penelitian ini diterima bahwa Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan Kreativitas Guru dan Pemanfaatan fasilitas belajar terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS pada mata pelajaran geografi di SMA Negeri 1 Batang Kuis T.A.2015/2016.