HUBUNGAN KEBIASAAN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS XI IPS 1 DI SMA NEGERI 2 KISARAN T.A 2015/2016
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui kebiasaan belajar siswa pada mata pelajaran geografi kelas XI IPS 1 di SMA Negeri 2 Kisaran tahun ajaran 2015/2016 (2) Untuk mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran geografi kelas XI IPS 1 di SMA Negeri 2 Kisaran tahun ajaran 2015/2016 (3) Untuk mengetahui hubungan kebiasaan belajar dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran geografi kelas XI IPS 1 di SMA Negeri 2 Kisaran tahun ajaran 2015/2016. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 2 Kisaran, Jl. Latsitarda Nusantara VIII, kelurahan Kisaran Naga, kecamatan Kisaran Timur. Populasi yang sekaligus sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS 1 sebanyak 29 siswa. Teknik yang digunakan adalah komunikasi tidak langsung. Kemudian di analisis dengan menggunakan uji koefesien korelasi product moment dan uji t pada taraf signifikan α = 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Kebiasaan belajar di kelas XI IPS 1 yang dinilai dari 5 indikator termasuk dalam kategori sedang sebesar 31,03% (2) Hasil belajar siswa kelas XI IPS 1 termasuk ke dalam kategori kurang sebesar 37,93% (3) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kebiasaan belajar dengan hasil belajar dengan kontribusi 55,50% dan dalam pengujian hipotesis diperoleh ( = 0,745 dan = 0,311) dengan taraf signifikan 95% atau alpha 0,05 dengan dk = n-2 maka > (0,745 > 0,311). Sehingga Ha diterima yang artinya “Terdapat hubungan positif dan signifikan antara kebiasaan belajar dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran geografi kelas XI IPS 1 di SMA Negeri 2 Kisaran tahun ajaran 2015/2016