Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : Implementasi Kurikulum 2013 pada Pembelajaran Geografi di SMA Negeri 2 Lubuk Pakam TA. 2015/2016 berdasarkan Standar Proses dan Standar Penilaian. Populasi dalam penelitian ini adalah jumlah jam efektif pertemuan dikelas selama satu semester yaitu semester genap. Sampel dalam penelitian ini adalah kegiatan pembelajaran dikelas sebanyak 4 x 3 jam pelajaran dikelas X dan XI sesuai jadwal pembelajaran dan guru mata pelajaran geografi sebagai sumber informasi. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi, dan studi dokumentasi, serta teknik analisis data yang digunakan yaitu analasis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : implementasi kurikulum 2013 berdasarkan standar proses dilihat dari aspek penilaian Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) rata-rata nilai yang diperoleh oleh guru adalah 72,91 yang termasuk kedalam kategori cukup, sedangkan dilihat dari proses pembelajaran rata-rata nilai yang diperoleh guru adalah 85,73 yang termasuk kategori baik. Implementasi kurikulum 2013 berdasarkan standar penilaian dilihat dari aspek pelaksanaan penilaian autentik rata-rata nilai yang diperoleh guru 76,91 hal ini berarti implementasi kurikulum 2013 berdasarkan standar penilaian tergolong cukup. Dengan demikian Implementasi Kurikulum 2013 pada Pembelajaran Geografi di SMA Negeri 2 Lubuk Pakam TA 2015/2016 Berdasarkan Standar Proses dan Standar Penilaian masuk dalam kategori cukup dengan nilai rata-rata 78,51. Dapat ditarik kesimpulan bahwa Implementasi Kurikulum 2013 di SMA Negeri 2 Lubuk Pakam TA. 2015/2016 berdasarkan Standar Proses dan Standar Penilaian dikategorikan cukup.