Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Kreativitas guru pada mata pelajaran peografi di SMA Negeri 1 Pangaribuan semester genap T. P 2015/2016. (2) Pengaruh kreativitas guru terhadap hasil belajar siswa Kelas XI IPS pada mata pelajaran geografi di SMA N 1 Pangaribuan semester genap T. P 2015/2016. Penelitian ini dilaksanakan di SMA N 1 Pangaribuan tahun 2016. Populasi adalah seluruh siswa kelas XI IPS yang berjumlah 70 orang. Mengingat jumlah populasi terbatas maka populasi dijadikan sekaligus sebagai sampel. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik komunikai tidak langsung dan studi dokumenter. Teknik analisis data yang digunakan yakni deskriftif dan teknik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan : (1) Kreativitas guru mata pelajaran geografi di SMA N 1 Pangaribuan 57,94% tergolong dalam kategori baik (3), 21,90% tegolong dalam kategori sangat baik (4), 20,16% tergolong dalam kategori cukup baik (2). (2) Ada pengaruh yang signifikan kreativitas guru terhadap hasil belajar siswa Kelas XI IPS pada mata pelajaran geografi di SMA N 1 Pangaribuan semester genap T.P 2015/2016. Hal ini dibuktikan dengan thitung > ttabel (16.202 > 0,678) dan pengaruh kontibusi kreativitas guru terhadap hasil belajar siswa yakni 79,4 % dan 20,6% dipengaruhi oleh faktor lain diluar kreativitas guru.