UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) PADA MATERI BIOSFER DI KELAS XI IPS SMA SWASTA METHODIST BERASTAGI TAHUN AJARAN 2016/2017
ctrlnum |
20122 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://digilib.unimed.ac.id/20122/</relation><title>UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL
BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN
KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI)
PADA MATERI BIOSFER DI KELAS XI IPS SMA
SWASTA METHODIST BERASTAGI
TAHUN AJARAN 2016/2017</title><creator>Sihombing., Irvan</creator><subject>H Social Sciences (General)</subject><subject>LB1603 Secondary Education. High schools</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa melaui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation pada materi biosfer di kelas XI IPS SMA Swasta Methodist Berastagi tahun Ajaran 2016/2017.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus pada tahun 2016. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS yang berjumlah 32 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik komunikasi langsung menggunakan lembar observasi sebagai alat mengevaluasi aktivitas belajar siswa dan teknik komunikasi tidak langsung menggunakan lembar kerja siswa dan pilihan berganda sebagai alat mengevaluasi hasil belajar siswa. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah teknik analisis deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1). Model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa sebanyak 40,64% dari siklus I sebesar 43,74% menjadi 84,38% pada siklus II. (2). Model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) dapat meningkatkan hasil belajar sebanyak 21,9% dari siklus I sebesar 65,6% menjadi 87,5% pada siklus II. Dengan demikian hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini diterima. Artinya dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investiigation (GI) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar sisw</description><date>2016-09-05</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/20122/1/1.%20NIM%2031233131026_COVER.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/20122/2/2.%20NIM%203123131026_LEMBAR%20PERSETUJUAN%20DAN%20PENGESAHAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/20122/3/4.%20NIM%203123131026_ABSTRAK.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/20122/4/3.%20NIM%203123131026_KATA%20PENGANTAR.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/20122/5/5.%20NIM%203123131026_DAFTAR%20ISI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/20122/6/6.%20NIM%203123131026_DAFTAR%20TABEL.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/20122/7/7.%20NIM%203123131026_DAFTAR%20GAMBAR.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/20122/8/8.%20NIM%203123131026_DAFTAR%20LAMPIRAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/20122/9/9.%20NIM%203123131026_BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/20122/10/14.%20NIM%203123131026_BAB%20VI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/20122/11/15.%20NIM%203123131026_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><identifier> Sihombing., Irvan (2016) UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) PADA MATERI BIOSFER DI KELAS XI IPS SMA SWASTA METHODIST BERASTAGI TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED. </identifier><recordID>20122</recordID></dc>
|
language |
ind |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Sihombing., Irvan |
title |
UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL
BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN
KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI)
PADA MATERI BIOSFER DI KELAS XI IPS SMA
SWASTA METHODIST BERASTAGI
TAHUN AJARAN 2016/2017 |
publishDate |
2016 |
isbn |
2031233131026 203123131026 |
topic |
H Social Sciences (General) LB1603 Secondary Education. High schools |
url |
http://digilib.unimed.ac.id/20122/1/1.%20NIM%2031233131026_COVER.pdf http://digilib.unimed.ac.id/20122/2/2.%20NIM%203123131026_LEMBAR%20PERSETUJUAN%20DAN%20PENGESAHAN.pdf http://digilib.unimed.ac.id/20122/3/4.%20NIM%203123131026_ABSTRAK.pdf http://digilib.unimed.ac.id/20122/4/3.%20NIM%203123131026_KATA%20PENGANTAR.pdf http://digilib.unimed.ac.id/20122/5/5.%20NIM%203123131026_DAFTAR%20ISI.pdf http://digilib.unimed.ac.id/20122/6/6.%20NIM%203123131026_DAFTAR%20TABEL.pdf http://digilib.unimed.ac.id/20122/7/7.%20NIM%203123131026_DAFTAR%20GAMBAR.pdf http://digilib.unimed.ac.id/20122/8/8.%20NIM%203123131026_DAFTAR%20LAMPIRAN.pdf http://digilib.unimed.ac.id/20122/9/9.%20NIM%203123131026_BAB%20I.pdf http://digilib.unimed.ac.id/20122/10/14.%20NIM%203123131026_BAB%20VI.pdf http://digilib.unimed.ac.id/20122/11/15.%20NIM%203123131026_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://digilib.unimed.ac.id/20122/ |
contents |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa melaui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation pada materi biosfer di kelas XI IPS SMA Swasta Methodist Berastagi tahun Ajaran 2016/2017.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus pada tahun 2016. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS yang berjumlah 32 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik komunikasi langsung menggunakan lembar observasi sebagai alat mengevaluasi aktivitas belajar siswa dan teknik komunikasi tidak langsung menggunakan lembar kerja siswa dan pilihan berganda sebagai alat mengevaluasi hasil belajar siswa. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah teknik analisis deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1). Model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa sebanyak 40,64% dari siklus I sebesar 43,74% menjadi 84,38% pada siklus II. (2). Model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) dapat meningkatkan hasil belajar sebanyak 21,9% dari siklus I sebesar 65,6% menjadi 87,5% pada siklus II. Dengan demikian hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini diterima. Artinya dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investiigation (GI) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar sisw |
id |
IOS3150.20122 |
institution |
Universitas Negeri Medan |
institution_id |
60 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Negeri Medan |
library_id |
564 |
collection |
Digital Repository Universitas Negeri Medan |
repository_id |
3150 |
subject_area |
Adat Istiadat Agama Akuntansi |
city |
KOTA MEDAN |
province |
SUMATERA UTARA |
repoId |
IOS3150 |
first_indexed |
2017-02-25T17:14:00Z |
last_indexed |
2017-02-25T17:14:00Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1766033408648019968 |
score |
17.538404 |