ctrlnum 20122
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://digilib.unimed.ac.id/20122/</relation><title>UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL&#xD; BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN&#xD; KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI)&#xD; PADA MATERI BIOSFER DI KELAS XI IPS SMA&#xD; SWASTA METHODIST BERASTAGI&#xD; TAHUN AJARAN 2016/2017</title><creator>Sihombing., Irvan</creator><subject>H Social Sciences (General)</subject><subject>LB1603 Secondary Education. High schools</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa melaui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation pada materi biosfer di kelas XI IPS SMA Swasta Methodist Berastagi tahun Ajaran 2016/2017.&#xD; Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus pada tahun 2016. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS yang berjumlah 32 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik komunikasi langsung menggunakan lembar observasi sebagai alat mengevaluasi aktivitas belajar siswa dan teknik komunikasi tidak langsung menggunakan lembar kerja siswa dan pilihan berganda sebagai alat mengevaluasi hasil belajar siswa. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah teknik analisis deskriptif.&#xD; Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1). Model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa sebanyak 40,64% dari siklus I sebesar 43,74% menjadi 84,38% pada siklus II. (2). Model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) dapat meningkatkan hasil belajar sebanyak 21,9% dari siklus I sebesar 65,6% menjadi 87,5% pada siklus II. Dengan demikian hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini diterima. Artinya dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investiigation (GI) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar sisw</description><date>2016-09-05</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/20122/1/1.%20NIM%2031233131026_COVER.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/20122/2/2.%20NIM%203123131026_LEMBAR%20PERSETUJUAN%20DAN%20PENGESAHAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/20122/3/4.%20NIM%203123131026_ABSTRAK.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/20122/4/3.%20NIM%203123131026_KATA%20PENGANTAR.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/20122/5/5.%20NIM%203123131026_DAFTAR%20ISI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/20122/6/6.%20NIM%203123131026_DAFTAR%20TABEL.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/20122/7/7.%20NIM%203123131026_DAFTAR%20GAMBAR.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/20122/8/8.%20NIM%203123131026_DAFTAR%20LAMPIRAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/20122/9/9.%20NIM%203123131026_BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/20122/10/14.%20NIM%203123131026_BAB%20VI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/20122/11/15.%20NIM%203123131026_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><identifier> Sihombing., Irvan (2016) UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) PADA MATERI BIOSFER DI KELAS XI IPS SMA SWASTA METHODIST BERASTAGI TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED. </identifier><recordID>20122</recordID></dc>
language ind
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Sihombing., Irvan
title UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) PADA MATERI BIOSFER DI KELAS XI IPS SMA SWASTA METHODIST BERASTAGI TAHUN AJARAN 2016/2017
publishDate 2016
isbn 2031233131026
203123131026
topic H Social Sciences (General)
LB1603 Secondary Education. High schools
url http://digilib.unimed.ac.id/20122/1/1.%20NIM%2031233131026_COVER.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/20122/2/2.%20NIM%203123131026_LEMBAR%20PERSETUJUAN%20DAN%20PENGESAHAN.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/20122/3/4.%20NIM%203123131026_ABSTRAK.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/20122/4/3.%20NIM%203123131026_KATA%20PENGANTAR.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/20122/5/5.%20NIM%203123131026_DAFTAR%20ISI.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/20122/6/6.%20NIM%203123131026_DAFTAR%20TABEL.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/20122/7/7.%20NIM%203123131026_DAFTAR%20GAMBAR.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/20122/8/8.%20NIM%203123131026_DAFTAR%20LAMPIRAN.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/20122/9/9.%20NIM%203123131026_BAB%20I.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/20122/10/14.%20NIM%203123131026_BAB%20VI.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/20122/11/15.%20NIM%203123131026_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/20122/
contents Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa melaui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation pada materi biosfer di kelas XI IPS SMA Swasta Methodist Berastagi tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus pada tahun 2016. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS yang berjumlah 32 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik komunikasi langsung menggunakan lembar observasi sebagai alat mengevaluasi aktivitas belajar siswa dan teknik komunikasi tidak langsung menggunakan lembar kerja siswa dan pilihan berganda sebagai alat mengevaluasi hasil belajar siswa. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1). Model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa sebanyak 40,64% dari siklus I sebesar 43,74% menjadi 84,38% pada siklus II. (2). Model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) dapat meningkatkan hasil belajar sebanyak 21,9% dari siklus I sebesar 65,6% menjadi 87,5% pada siklus II. Dengan demikian hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini diterima. Artinya dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investiigation (GI) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar sisw
id IOS3150.20122
institution Universitas Negeri Medan
institution_id 60
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Negeri Medan
library_id 564
collection Digital Repository Universitas Negeri Medan
repository_id 3150
subject_area Adat Istiadat
Agama
Akuntansi
city KOTA MEDAN
province SUMATERA UTARA
repoId IOS3150
first_indexed 2017-02-25T17:14:00Z
last_indexed 2017-02-25T17:14:00Z
recordtype dc
_version_ 1766033408648019968
score 17.538404