MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE THINK PAIR SHARE PADA PEMBELAJARAN IPS DI KELAS V SDN 104204 SAMBIREJO TIMUR
Main Authors: | Sitohang, Risma, Sitepu, Meri S. Ulina |
---|---|
Format: | Article PeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Jurusan PPSD FIP Unimed
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unimed.ac.id/20100/1/Reviewer.pdf http://digilib.unimed.ac.id/20100/ http://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/handayani/article/view/1741 |
ctrlnum |
20100 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://digilib.unimed.ac.id/20100/</relation><title>MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE THINK PAIR SHARE PADA PEMBELAJARAN IPS DI KELAS V SDN 104204 SAMBIREJO TIMUR</title><creator>Sitohang, Risma</creator><creator>Sitepu, Meri S. Ulina</creator><subject>BF501 Motivation</subject><subject>H Social Sciences (General)</subject><subject>LB1025 Teaching (Principles and Practice)</subject><subject>LB1501 Primary Education</subject><description>Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya motivasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan menggunakan metode THINK PAIR SHARE dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS materi pokok Menghargai Jasa dan Peranan para tokoh Perjuangan Dalam Mempersiapkan Kemerdekaan Indonesia. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 104204 Sambirejo Timur yang berlokasi di Jln. Sempurna/pendidikan, Kecamatan Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang. Alat pengumpul data yang digunakan adalah observasi motivasi belajar siswa dan guru.Kriteria ketuntasan motivasi belajar siswa didasarkan ketuntasan secara perorangan dengan nilai ≥ 70. Seorang siswa dikatakan telah termotivasi dalam belajar apabila mendapatkan nilai ≥ 80. Hasil penelitian yang diperoleh selama pengamatan menunjukkan adanya peningkatan pada siklus I, pertemuan I diperoleh data bahwa 36,66% yang motivasi belajarnya tergolong sangat rendah, pada siklus I, pertemuan II diperoleh data bahwa 53,33% yang motivasi belajarnya tergolong rendahpada siklus II, pertemuan I diperoleh data bahwa 70% yang motivasi belajarnya tergolong sedang,pada siklus II, pertemuan II diperoleh data bahwa 90% yang motivasi belajarnya tergolong sangat tinggi, hasil penelitian dari angket yang dibagikan pada siswa juga mengalami peningkatan yaitu pada kondisi awal sebelum tindakan hanya ada 5 siswa yang memiliki motivasi belajar yang di atas 70% yaitu sekitar 23,33%, dan setelah dilaksanakan Metde Think Pair Share pada kondisi akhir menjadi 27 orang siswa atau sekitar 90%.</description><publisher>Jurusan PPSD FIP Unimed</publisher><date>2014-12</date><type>Journal:Article</type><type>PeerReview:PeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/20100/1/Reviewer.pdf</identifier><identifier> Sitohang, Risma and Sitepu, Meri S. Ulina (2014) MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE THINK PAIR SHARE PADA PEMBELAJARAN IPS DI KELAS V SDN 104204 SAMBIREJO TIMUR. Jurnal Handayani, 02 (01). pp. 61-68. ISSN 2355-1739 </identifier><relation>http://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/handayani/article/view/1741</relation><recordID>20100</recordID></dc>
|
language |
ind |
format |
Journal:Article Journal PeerReview:PeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Sitohang, Risma Sitepu, Meri S. Ulina |
title |
MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE THINK PAIR SHARE PADA PEMBELAJARAN IPS DI KELAS V SDN 104204 SAMBIREJO TIMUR |
publisher |
Jurusan PPSD FIP Unimed |
publishDate |
2014 |
topic |
BF501 Motivation H Social Sciences (General) LB1025 Teaching (Principles and Practice) LB1501 Primary Education |
url |
http://digilib.unimed.ac.id/20100/1/Reviewer.pdf http://digilib.unimed.ac.id/20100/ http://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/handayani/article/view/1741 |
contents |
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya motivasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan menggunakan metode THINK PAIR SHARE dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS materi pokok Menghargai Jasa dan Peranan para tokoh Perjuangan Dalam Mempersiapkan Kemerdekaan Indonesia. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 104204 Sambirejo Timur yang berlokasi di Jln. Sempurna/pendidikan, Kecamatan Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang. Alat pengumpul data yang digunakan adalah observasi motivasi belajar siswa dan guru.Kriteria ketuntasan motivasi belajar siswa didasarkan ketuntasan secara perorangan dengan nilai ≥ 70. Seorang siswa dikatakan telah termotivasi dalam belajar apabila mendapatkan nilai ≥ 80. Hasil penelitian yang diperoleh selama pengamatan menunjukkan adanya peningkatan pada siklus I, pertemuan I diperoleh data bahwa 36,66% yang motivasi belajarnya tergolong sangat rendah, pada siklus I, pertemuan II diperoleh data bahwa 53,33% yang motivasi belajarnya tergolong rendahpada siklus II, pertemuan I diperoleh data bahwa 70% yang motivasi belajarnya tergolong sedang,pada siklus II, pertemuan II diperoleh data bahwa 90% yang motivasi belajarnya tergolong sangat tinggi, hasil penelitian dari angket yang dibagikan pada siswa juga mengalami peningkatan yaitu pada kondisi awal sebelum tindakan hanya ada 5 siswa yang memiliki motivasi belajar yang di atas 70% yaitu sekitar 23,33%, dan setelah dilaksanakan Metde Think Pair Share pada kondisi akhir menjadi 27 orang siswa atau sekitar 90%. |
id |
IOS3150.20100 |
institution |
Universitas Negeri Medan |
institution_id |
60 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Negeri Medan |
library_id |
564 |
collection |
Digital Repository Universitas Negeri Medan |
repository_id |
3150 |
subject_area |
Adat Istiadat Agama Akuntansi |
city |
KOTA MEDAN |
province |
SUMATERA UTARA |
repoId |
IOS3150 |
first_indexed |
2017-02-25T17:14:00Z |
last_indexed |
2017-02-25T17:14:00Z |
recordtype |
dc |
merged_child_boolean |
1 |
_version_ |
1766920122206781440 |
score |
16.622116 |