PENGGUNAAN MODEL QUANTUM TEACHING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS V SD NEGERI NO.040474 TIGASERANGKAI

Main Authors: Sitohang, Risma, Sembiring, Tuti Afriani
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: Jurusan PPSD FIP Unimed , 2013
Subjects:
Online Access: http://digilib.unimed.ac.id/20094/1/Reviewer.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/20094/
http://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/handayani/article/view/1345
Daftar Isi:
  • Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA siswa dengan menerapkan ModelPembelajaran Discovery di kelas V SDN117470 Tahun Pelajaran 2012/2013. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 117470 Kampung Sawah. Sebagai subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 28 orang siswa dan objek penelitian ini adalah penerapan Model Pembelajaran Discovery untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa. Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah tes hasil belajar berbentuk esai buatan guru dan peneliti serta lembar observasi untuk merekam peningkatan hasil belajar siswa selama proses belajar mengajar berlangsung. Tehnik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan.