Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah : (1) untuk mengetahui peningkatan kemampuan representasi dan pemecahan masalah matematika siswa yang diberi pembelajaran dengan pendekatan penemuan terbimbing menggunakan autograph lebih tinggi daripada siswa yang diberi pembelajaran dengan pendekatan konvensional, (2) mengetahui adanya interaksi kemampuan awal dan pendekatan pembelajaran terhadap peningkatan kemampuan representasi dan pemecahan masalah matematika siswa, dan (3) melihat proses jawaban siswa yang diberi pembelajaran dengan pendekatan penemuan terbimbing menggunakan autograph dan pendekatan konvensional. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Swasta Brigjend Katamso 2 Medan, dan sampelnya dipilih secara acak dengan VII-2 sebagai kelas eksperimen dan VII-1 sebagai kelas kontrol yang masing- masing berjumlah 40 orang. Instrumen yang digunakan terdiri dari tes kemampuan representasi dan pemecahan masalah matematika siswa yang berbentuk uraian. Instrumen tersebut dinyatakan telah memenuhi syarat validasi serta memiliki koefisien realibilitas 0,85 untuk tes kemampuan representasi dan 0,853 untuk tes kemampuan pemecahan masalah matematik siswa. Penelitian ini menggunakan uji Anava dua jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) peningkatan kemampuan representasi dan pemecahan masalah matematik siswa yang diberi pembelajaran dengan pendekatan penemuan terbimbing menggunakan autograph lebih tinggi dibandingkan pembelajaran dengan pendekatan konvensional, (2) tidak terdapat interaksi kemampuan awal dan pembelajaran terhadap peningkatan kemampuan representasi dan pemecahan masalah matematika siswa, dan (3) proses jawaban siswa yang diberi pembelajaran dengan pendekatan penemuan terbimbing menggunakan autograph lebih baik dibandingkan pembelajaran dengan pendekatan konvensional. Peneliti menyarankan agar pembelajaran dengan pendekatan penemuan terbimbing menggunakan autograph menjadi alternatif bagi guru dalam meningkatkan kemampuan representasi dan pemecahan masalah matematika siswa.