MANFAAT KETERAMPILAN MENGAJAR GURU UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SEJARAH, SISWA KELAS XI SMA R.A KARTINI KOTA TEBING TINGGI T.A 2016/2017
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada manfaat antara keterampilan mengajar guru untuk meningkatkan motivasi belajar sejarah siswa di SMA R.A Kartini Kota Tebing Tinggi T.A 2016/2017. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif. Untuk memperoleh data yang diperlukan, maka dalam penelitian ini peneliti menggunakan alat pengumpulan data berupa angket. Populasi dalam penelitian ini adalah 58 orang. Penetapan sampel penelitian ini sebanyak 58 orang.jika sabjeknya lebih dari 100 orang, maka sampel dapat diambil antara 10-15% atau 20-25% atau lebih. Berdasarkan Hasil analisis data dalam penelitian ini dengan menggunakan rumus frekuensi. Jika Hipotesis diterima jika responden memilih option A sebesar 15%-100% dan jika hipotesis ditolak jika responden memilih option A dibawah 15%. Dari delapan keterampilan mengajar guru yang mendukung hipotesis terdapat 5 yaitu 65,5% dan yang tidak mendukung hipotesis terdapat 3. Kemudian motivasi belajar sejarah terdapat 5 yang mendukung yaitu 65,5% dan yang tidak mendukung hipotesis terdapat 3. Berdasarkan pembahasan dan analisis data dapat disimpulkan bahwa hipotesis yang menyatakan “Terdapat manfaat yang positif antara terampilan mengajar guru untuk meningkatkan motivasi belajar sejarah siswa kelas XI SMA R.A Kartini Kota Tebing Tinggi T.A 2015/2016”dapat diterima”. Dimana semakin tinggi keterampilan mengajar guru maka semakin tinggi motivasi belajar siswa yang diperoleh.