Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh: (1) Model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan berpikir kritis; (2) Minat belajar terhadap kemampuan berpikir kritis; (3) Interaksi model pembelajaran berbasis masalah dan minat belajar terhadap kemampuan berpikir kritis; (4) Model pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar siswa; (5) Minat belajar terhadap hasil belajar siswa; dan (6) Interaksi model pembelajaran berbasis masalah dan minat belajar terhadap hasil belajar siswa. Subjek dalam penelitian ini diambil sebanyak 3 kelas yang ditentukan secara acak teknik cluster random sampling. Penetapan kelas pembelajaran diperoleh menjadi 2 kelas dengan sampel tiap kelas 38 orang. Metode penelitian menggunakan eksperimen semu (quasi experiment). Instrumen penelitian berupa angket untuk minat, tes untuk kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa. Teknik analisis menggunakan ANAVA dua jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan: (1) Model pembelajaran terhadap kemampuan berpikir kritis yang diperoleh Fhitung>Ftabel (6,971>2,50) serta nilai probabilitas 0,010<0,05; (2) Minat belajar terhadap kemampuan berpikir kritis yang diperoleh Fhitung>Ftabel (24,949>2,50) serta nilai probabilitas 0,000<0,05; (3) Interaksi antara model pembelajaran dan minat belajar terhadap kemampuan berpikir kritis yang diperoleh Fhitung>Ftabel (4,140>2,50) serta nilai probabilitas 0,046<0,05; (4) Model pembelajaran terhadap hasil belajar siswa yang diperoleh Fhitung>Ftabel (25,269>2,50) serta nilai probabilitas 0,000<0,05; (5) Minat belajar siswa terhadap hasil belajar siswa yang diperoleh Fhitung>Ftabel (13,888>2,50) serta nilai probabilitas 0,000<0,05; dan (6) Interaksi antara model pembelajaran dan minat belajar siswa terhadap hasil belajar siswa yang diperoleh Fhitung>Ftabel (4,291>2,50) serta nilai probabilitas 0,042<0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dari strategi, minat, serta interaksi strategi pembelajaran dan minat belajar terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa pada materi sistem pencernaan makanan manusia di MAS Amaliyah Sunggal. Hal tersebut diharapkan dapat memberikan informasi bagi guru dan sekolah untuk menggunakan strategi pembelajaran berbasis masalah dan minat belajar dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa.