Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) perbedaan keterampilan menulis paragraf deskripsi siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran sinektik dibandingkan dengan siswa yang diajar dengan model pembelajaran CIRC, (2) pengaruh penguasaan kosakata terhadap keterampilan menulis paragraf deskripsi, (3) interaksi antara model pembelajaran sinektik dan penguasaan kosakata terhadap keterampilan menulis paragraf deskripsi siswa. Subjek penelitian ini siswa kelas X SMA Advent Air Bersih Medan dengan jumlah 68 orang yaitu siswa kelas X-1 yang berjumlah 34 siswa dan kelas X-2 yang berjumlah 34 siswa. Teknik pengambilan subjek dilakukan ebrdasarkan cluster random sampling. Metode penelitian adalah eksperimen dengan desain quasi eksperimen yang menggunakan faktorial 2 x 2. Oleh karena itu subjek dibagi atas 2 perlakuan yaitu kelompok yaitu kelompok siswa yang diberikan model pembelajaran sinektik (perlakuan I), yaitu pada siswa kelas X-1 dan kelompok siswa yang diberikan model pembelajaran CIRC (perlakuan II), yaitu pada siswa kelas X-2. Instrumen penguasaan kosakata dijaring dengan menggunakan tes objektif. Sedangkan keterampilan menulis paragraf deskripsi digunakan tes penugasan. Teknik analisis data menggunakan ANAVA dua jalur. Hasil temuan penelitian menunjukkan bahwa (1) keterampilan menulis paragraf deskripsi siswa yang diajarkan dengan model sinektik lebih tinggi dari pada yang diajarkan dengan CIRC, (2) keterampilan menulis paragraf deskripsi yang memiliki penguasaan kosakata tinggi lebih baik dari pada siswa yang mempunyai penguasaan kosakata rendah, (3) ada interaksi antara model pembelajaran dengan penguasaan kosakata terhadap keterampilan menulis paragraf deskripsi.