PENGGUNAAN LEMBAR KERJA TERSTRUKTUR DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X-1 SMA NEGERI 1 TIGALINGGA TAHUN 2016
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa kelas X-1 SMA Negeri 1 Tigalingga dengan penggunaan lembar kerja terstruktur. Pemilihan media pembelajaran lembar kerja terstruktur sebagai alat bantu pembelajaran ditujukan agar kompetensi dasar dan indikator pembelajaran sejarah dapat tercapai secara maksimal, sehingga hasil belajar menjadi lebih baik. Melalui lembar kerja terstruktur siswa dilatih untuk memahami berbagai macam konsep dasar sejarah secara runtut dan logis. Oleh karena itu penulis tertarik untuk meneliti suatu pembelajaran menggunakan media lembar kerja terstruktur. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Tigalingga yang terbagi dalam 5 kelas. Sampel penelitian ini sebanyak 72 siswa yang terbagi dalam kelompok eksperimen 36 siswa yaitu kelas X-1 dan kelompok kontrol 36 siswa yaitu kelas X-2. Untuk memperoleh data yang digunakan adalah uji t. Dari penelitian diperoleh