PENGARUH BUDAYA SEKOLAH, KEPEMIMPINAN, KOMUNIKASI INTERPERSONAL, KEPERCAYAAN DAN KOMITMEN TERHADAP SEKOLAH EFEKTIF DI SEKOLAH DASAR KABUPATEN DELI SERDANG

Main Author: Surbakti, Amanah
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://digilib.unimed.ac.id/19976/3/809116018%20COVER.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/19976/1/809116018%20LEMBAR%20PENGESAHAN.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/19976/2/809116018%20ABSTRAK.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/19976/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh budaya sekolah, kepemimpinan,komunikasi interpersonal, kepercayaan dan komitmen terhadap sekolah efektif. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Dasar di Kabupaten Deli Serdang pada tahun 2015. Populasi penelitian ini adalah guru-guru Sekolah Dasar yang ada di Deli Serdang sebanyak 334 orang. Hasil penelitian yang ditemukan adalah : (1) budaya sekolah sangat signifikan berpengarnh langsung terhaadap kepercayaan sebesar 0,380 ,(2) kepemimpinan sangat signifikan berpengaruh secara langsung terhadap kepercayaan sebesar 0,254 ,(3) komunikasi interpersonal sangat signifikan berpengaruh secara langsung terhadap kepercayaan sebesar 0,146 ,(4) budaya sekolah sangat signifikan berpengaruh secara langsung terhadap komitmen sebesar 0,241 ,(5) Kepemimpinan sangat signiflkan berpengaruh terhadap komitmen sebesar 0,273 ,(6) komunikasi interpersonal signifikan berpengaruh langsung terhadap komitmen sebesar 0,212,(7) kepercayaan sangat signifikan berpengaruh langsung terhadap sekolah efektif sebesar 0,472 ,(8) komitmen sangat signifikan berpengaruh langsung terhadap sekolah efektif sebesar 0, 114 ,(9) budaya sekolah signifikan berpengaruh langsung terhadap sekolah efektif sebesar 0,097 ,(1 0) kepemimpinan sangat signifikan berpengaruh langsung terhadap sekolah efektif sebesar 0,219 ,(11) komunikasi interpersonal sangat signifikan berpengaruh langsung terhadap sekolah efektif sebesar O,I20 ,(12) budaya sekolah sangat signifikan berpengaruh secara tidak langsung melalui kepercayaan dan komitmen terhadap sekolah efektif sebesar 0,207 ,(13) kepemimpinan sangat signifikan berpengaruh secara tidak langsung melalui kepercayaan dan komitmen terhadap sekolah efektif sebesar 0,151 ,(14) komunikasi interpersonal sangat signifikan berpengaruh secara tidak langsung terhadap sekolah efektif melalui kepercayaan dan komitmen 0,093 Untuk. menciptakan sekolah efektif maka sangat dibutuhkan kepercayaan dari guru guru dan kepala sekolah sehingga terciptanya budaya sekolah, kepemimpinan, komunikasi dan komitmen yang baik di sekolah.