MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI JENIS-JENIS USAHA DAN KEGIATAN EKONOMI DI INDONESIA DENGAN MENGGUNAKAN METODE TANYA JAWAB DI KELAS V SEMESTER I SDN 109910 BANGUN PURBA T.A 2012/2013
Main Authors: | Nurmayani, , Saragi, Lindico |
---|---|
Format: | Monograph NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
FIP Unimed
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unimed.ac.id/19955/1/Fulltext.pdf http://digilib.unimed.ac.id/19955/ |
Daftar Isi:
- Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah :“ Apakah dengan menggunakan metode tanya jawab dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi jenis jenis usaha dan kegiatan ekonomi di Indonesia di kelas V semester 1 SDN 109910 Bangun Purba. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas V SD semester 1 SDN 109910 yang berjumlah 33 orang. Objek dalam penelitian ini adalah penggunaan metode tanya jawab dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi jenis-jenis usaha dan kegiatan ekonomi di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi jenis-jenis usaha dan kegiatan ekonomi di Indonesia pada siswa kelas V semester 1 SDN 109910 dengan menggunakan metode tanya jawab.Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam 2 siklus. Dalam setiap siklus dilakukan melalui 4 tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan observasi. Sebelum dilakukan tindakan pada siklus 1, peneliti terlebih dahulu memberikan pre tes yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan siswa mengungkapkan pendapat dalam bentuk tulisan dan mengetahui kekurangan-kekurangan dalam proses belajar-mengajar.Pada saat pre tes sebelum dilakukan tindakan dari 33 orang siswa yang memenuhi KKM hanya 11 orang siswa (33,33%) sedangkan siswa yang belum tuntas terdiri dari 22 orang (66,67%), dan rata-rata hasil belajar siswa adalah 57,72. Namun setelah dilakukan sikius 1 diperoleh nilai rata-rata sebesar 73,18 sedangkan pada siklus 2 diperoleh nilai rata-rata 85,30 aktifitas belajar siswa juga mengalami peningkatan dan rata-rata setelah siklus yaitu 2,12 naik menjadi rata-rata 3,25 setelah siklus 2. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa metode tanya jawab dapat diterapkan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menyelesaikan masalah jenis-jenis usaha dan kegiatan ekonomi di Indonesia.