MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN WORD SQUARE PADA PEMBELAJARAN IPS DI KELAS IV SDN 050660 KW BINGAI KABUPATEN LANGKAT T.A 2012/2013

Main Authors: Nurmayani, , Arwi, Lidya
Format: Monograph NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: FIP Unimed , 2013
Subjects:
Online Access: http://digilib.unimed.ac.id/19954/1/Fulltext.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/19954/
Daftar Isi:
  • Adapun rumusan masalah pada penelitian ini adalah “ Apakah dengan penerapan model pembelajaran word square dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN 050660 Kwala Bingai Kabupaten Langkat pada pembelajaran IPS tahun ajaran 2013/2014”. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV. Objek penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran word square dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa keles IV dalam pembelajaran IPS dengan materi, “Perkembangan Teknologi” pada SDN 050660 Kwala Bingai Kabupaten Langkat. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam 2 siklus. Dalam setiap siklus dilakukan melalui 4 tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan observasi. Sebelum dilakukan tindakan pada sikius 1, peneliti terlebih dahulu memberikan pre tes yang bertujuan untuk mengetahui hail belajar siswa dan mengetahui kekurangan-kekurangan dalarn proses belajar mengajar.Beradasarkan pre tes yang dilakukan, hasil belajar siswa masih tergolong rendah, dengan nilai rata-rata kelas 50,79 dan 38 orang siswa atau 26,32% (10 orang siswa yang tuntas) dan 73,68% yang tidak tuntas, namun setelah dilaksanakannya siklus 1 dengan menerapkan model pembelajaran word square ketuntasan belajar siswa secara klasikal rnengalami peningkatan sebesar 23,68% yaitu menjadi (50%) atau sebanyak 19 orang siswa. Pada siklus II juga terjadi peningkatan ketuntasan belajar siswa secara klasikal sebesar 39,47% dan kemudian meningkat lagi menjadi (89,47%) atau sebanyak 34 orang siswa yang tuntas. Dengan demekian model pembelajaran word square merupakan salah satu alternatif yang dapat diterapkan untuk memperbaiki proses pembelajaran.