MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN REALISTIK PADA UNIT GEOMETRI DI SLTP 6 MEDAN
Main Authors: | Karnasih, Ida, Hasratuddin, , Hutasuhut, Misrah Farida, Rosmiati, |
---|---|
Format: | Monograph NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
FMIPA Unimed
, 2003
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unimed.ac.id/19940/2/Fulltext.pdf http://digilib.unimed.ac.id/19940/1/Reviewer.pdf http://digilib.unimed.ac.id/19940/ |
Daftar Isi:
- Secara umum, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model pembelajaran dan pengajaran matematika menggunakan pendekatan realistik. Secara khusus, tujuan penelitian ini adalah (1) mendisain model pembelajaran, (2) menjelaskan efektivitas pembelajaran matematika,(3) menyelidiki hasil belajar siswa dalam mempelajari matematika unit geometri dengan menggunakan pendekatan realistic.Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas kolaborasi yang dilaksanakan dalam dua siklus. Dalil pytagoras dipilih sebagai topic dalam pengembangan model dalam penelitian ini. Strategi pembelajaran koperatif dalam kelompok kecil digunakan dalam mengembangkan konsep,rumus, dan pemecahan masalah dengan menggunakan lembar kerja siswa.Satu kelas yang terdiri dari 53 orang siswa, 26 siswa laki-laki, 27 siswa perempuan, kelas 2 sekolah lanjutan pertama terlibat dalam penelitian ini. Kebanyakan siswa berkemampuan rendah dalam matematika. Hasil analisis menunjukan bahwa sebagian besar siswa memiliki gaya belajar kognitif field-dependentDua jenis data, kualitatif dan kuantitatif, di analisis untuk menentukan hasil dari penelitian. Analisa kualitatif digunakan dalam mengembangkan model pembelajaran dan analisis data kuantitatif digunakan untuk menentukan efektivitas pembelajaran dan hasil belajar siswa menggunakan pendekatan matematika realistic.Dari hasil penelitian ditemukan bahwa : (1) model pembelajaran matematika dengan pendekatan realistik pada unit geometri di SLTP kelas II adalah model pembelajaran masalah secara koperatif dengan pengelompokan siswa heterogen dan terstuktur berdasarkan field-dependency, kemampuan, dan jender.(2) proses pembelajaran dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut : guru (a) membentuk kelompok diskusi yang terstruktur, (b) menyajikan masalah yang telah disusun dalam LKS (c) memfasilitasi diskusi kelompok, (d) membandingkan dan mendiskusikan hasil kerja kelompok di depan kelas, (e) meringkas dan membahas tentang hasil kerja kelompok. (3) hasil belajar siswa melalui pembelajaran matematika dengan pendekatan matematika realistik pada unit geometri di SLTP kelas II adalah efektif yang ditunjukan oleh pencapaian kelulusan secara klasikal (93,34%) dan skor rata-rata 7,21, sedangkan sikap siswa adalah positif terhadap pembelajaran yang dilakukan (92,45%)