MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA SMP MELALUI PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK

Main Author: Hasratuddin,
Format: Monograph NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: FMIPA Unimed , 2009
Subjects:
Online Access: http://digilib.unimed.ac.id/19906/1/Fulltext.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/19906/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan perbedaan peningkatan kemampuan berpikir kritis dan kecerdasan emosional siswa melalui pendekatan matematika realistik dan pembelajaran biasa. Yang menjadi sampel dalam penelitian ini siswa SMP kelas VIII yang diambil secara acak dari sekolah peringkat tinggi, sedang dan rendah berdasarkan perolehan nilai Ujian Nasional, yang diambil masing-masing dua kelas secara acak antara lain satu untuk kelas eksperimen dan lainnya untuk kelas control. lnstrument yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari tes matematika bentuk uraian untuk melihat peningkatan berpikir kritis siswa dan skala kecerdasan emosional yang digunakan untuk melihat peningkatan kecerdasan emosional siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan berpikir kritis dan peningkatan kecerdasan emosional siswa diperoleh dari pembelajaran matematika dengan pendekatan matematika realistik. Peringkat sekolah dan perbedaan gender dalam peningkatan kemampuan berpikir kritis dan kecerdasan emosional menunjukkan sangat signifikan. Dengan demikian, yang menjadi saran selanjutnya adalah (i) agar implementasi pembelajaran matematika realistic dapat lebih meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa, maka pembelajaran matematika harus dimulai dengan pemberian masalah berupa tantangan yang melibatkan aktivitas mental siswa, serta perlu mempertimbangkan peringkat sekolah dan perbedaan jender,dan (ii) untuk meningkatkan kecerdasan emosional siswa dalam pembelajaran matematika, maka gunakanlah pendekatan matematika realistik melalui diskusi kelompok dengan memperhatikan peringkat sekolah dan perbedaan gender.