PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN LINGKUNGAN HIDUP TINGKAT PENDIDIKAN DASAR DAN PEMBUATAN BUKU AJAR BERKONTEKS MUATAN LOKAL LINGKUNGAN HIDUP SUMATERA UTARA

Main Authors: Daulay, Abdul Hakim, Suharta, , Syarifuddin, , Mulyana, Rachmat
Format: Monograph NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: FMIPA Unimed , 2012
Subjects:
Online Access: http://digilib.unimed.ac.id/19901/1/Fulltext.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/19901/
ctrlnum 19901
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://digilib.unimed.ac.id/19901/</relation><title>PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN LINGKUNGAN HIDUP TINGKAT PENDIDIKAN DASAR DAN PEMBUATAN BUKU AJAR BERKONTEKS MUATAN LOKAL LINGKUNGAN HIDUP SUMATERA UTARA</title><creator>Daulay, Abdul Hakim</creator><creator>Suharta, </creator><creator>Syarifuddin, </creator><creator>Mulyana, Rachmat</creator><subject>LB1025 Teaching (Principles and Practice)</subject><subject>LB1501 Primary Education</subject><subject>QH540 Ecology</subject><description>Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi hasil belajar siswa sekolah dasar (SD) dan mengidentifikasi kompetensi guru, serta menemukan model pembelajaran berdasarkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) pada pendidikan lingkungan hidup berkonteks muatan lokal Sumatera Utara serta. Penelitian ini dilakukan di daerah Provinsi Sumatra Utara, dengan mengambil sampel siswa SD pada 4 daerah tingkat II yang terdiri dari 2 Kota (Medandan Binjai) dan 2 daerah Kabupaten (Deli Serdang dan Langkat). Pengambilan sampel secara pusposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa t hitung = 44,331. T tabel diperoleh dengan df = 139, sig 5% (I tailed) = 1,65589, oleh karena t tabel &lt; dari t hitung (1,65589 &lt;44,331), maka -Ho diterima, tingkat keberhasilan belajar siswa 75 tidak terbukti, nilai paling tinggi cuma sebesar 48,1822 jauh dibawah KKM Sumatera Utara yaitu nilai 75. Dari hasil uji normalitas nilai Kol-Smirnov sebesar 0.932 dan Asymp. Sig tidak signifikan 0.350 (&gt; 0.05), ini menunjukkan data berdistribusi normal. Dari 40 soal yang diberikan kemampuan siswa menjawab soal tidak sampai 5 orang yang dapat menyelesaikan 27-33 soal. Dari hasil survey guru diperoleh 63% guru tidak memiliki buku pendidikan lingkungan hidup. 64% guru hanya mengajarkan dengan metode ceramah. Diperoleh pula 78% guru mengajarkan pendidikan lingkugan hidup hanya terintegrasi pada pelajaran IPA dan IPS. Rendahnya pencapaian hasil belajar siswa tersebut diduga dikarenakan tidak tersedianya buku dan lembar kerja siswa pendidikan lingkungan hidup bermuatan lokal Sumatera Utara, keadaan ini juga turut disumbang oleh kurangnya kemampuan guru dalam mengintegrasikan pada pelajaran lain serta penerapan model pembelajaran yang masih kurang tepat. Nilai rata-rata sekitar 46,125 sedangkan setelah dilakukan dengan model Picture And Picture maka diperoleh nilai rata-rata sekitar 80,975. Dengan demikian model Picture And Picture dapat membantu menambah pemahaman siswa dalam pendidikan lingkungan hidup berkonteks muatan lokal Sumatera Utara.</description><publisher>FMIPA Unimed</publisher><date>2012-11-10</date><type>Document:Monograph</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/19901/1/Fulltext.pdf</identifier><identifier> Daulay, Abdul Hakim and Suharta, and Syarifuddin, and Mulyana, Rachmat (2012) PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN LINGKUNGAN HIDUP TINGKAT PENDIDIKAN DASAR DAN PEMBUATAN BUKU AJAR BERKONTEKS MUATAN LOKAL LINGKUNGAN HIDUP SUMATERA UTARA. Research Report. FMIPA Unimed. </identifier><recordID>19901</recordID></dc>
language ind
format Document:Monograph
Document
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Daulay, Abdul Hakim
Suharta,
Syarifuddin,
Mulyana, Rachmat
title PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN LINGKUNGAN HIDUP TINGKAT PENDIDIKAN DASAR DAN PEMBUATAN BUKU AJAR BERKONTEKS MUATAN LOKAL LINGKUNGAN HIDUP SUMATERA UTARA
publisher FMIPA Unimed
publishDate 2012
topic LB1025 Teaching (Principles and Practice)
LB1501 Primary Education
QH540 Ecology
url http://digilib.unimed.ac.id/19901/1/Fulltext.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/19901/
contents Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi hasil belajar siswa sekolah dasar (SD) dan mengidentifikasi kompetensi guru, serta menemukan model pembelajaran berdasarkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) pada pendidikan lingkungan hidup berkonteks muatan lokal Sumatera Utara serta. Penelitian ini dilakukan di daerah Provinsi Sumatra Utara, dengan mengambil sampel siswa SD pada 4 daerah tingkat II yang terdiri dari 2 Kota (Medandan Binjai) dan 2 daerah Kabupaten (Deli Serdang dan Langkat). Pengambilan sampel secara pusposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa t hitung = 44,331. T tabel diperoleh dengan df = 139, sig 5% (I tailed) = 1,65589, oleh karena t tabel < dari t hitung (1,65589 <44,331), maka -Ho diterima, tingkat keberhasilan belajar siswa 75 tidak terbukti, nilai paling tinggi cuma sebesar 48,1822 jauh dibawah KKM Sumatera Utara yaitu nilai 75. Dari hasil uji normalitas nilai Kol-Smirnov sebesar 0.932 dan Asymp. Sig tidak signifikan 0.350 (> 0.05), ini menunjukkan data berdistribusi normal. Dari 40 soal yang diberikan kemampuan siswa menjawab soal tidak sampai 5 orang yang dapat menyelesaikan 27-33 soal. Dari hasil survey guru diperoleh 63% guru tidak memiliki buku pendidikan lingkungan hidup. 64% guru hanya mengajarkan dengan metode ceramah. Diperoleh pula 78% guru mengajarkan pendidikan lingkugan hidup hanya terintegrasi pada pelajaran IPA dan IPS. Rendahnya pencapaian hasil belajar siswa tersebut diduga dikarenakan tidak tersedianya buku dan lembar kerja siswa pendidikan lingkungan hidup bermuatan lokal Sumatera Utara, keadaan ini juga turut disumbang oleh kurangnya kemampuan guru dalam mengintegrasikan pada pelajaran lain serta penerapan model pembelajaran yang masih kurang tepat. Nilai rata-rata sekitar 46,125 sedangkan setelah dilakukan dengan model Picture And Picture maka diperoleh nilai rata-rata sekitar 80,975. Dengan demikian model Picture And Picture dapat membantu menambah pemahaman siswa dalam pendidikan lingkungan hidup berkonteks muatan lokal Sumatera Utara.
id IOS3150.19901
institution Universitas Negeri Medan
institution_id 60
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Negeri Medan
library_id 564
collection Digital Repository Universitas Negeri Medan
repository_id 3150
subject_area Adat Istiadat
Agama
Akuntansi
city KOTA MEDAN
province SUMATERA UTARA
repoId IOS3150
first_indexed 2017-02-25T17:13:54Z
last_indexed 2017-02-25T17:13:54Z
recordtype dc
_version_ 1766033407814402048
score 17.538404