METODE PEMBELAJARAN TEAM TEACHING DAN PROBLEM BASED LEARNING PADA PEMBELAJARAN MENULIS DI JURUSAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA FBS UNIMED

Main Author: Wuriyani, Elly Prihasti
Format: Monograph NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: FBS Unimed , 2010
Subjects:
Online Access: http://digilib.unimed.ac.id/19870/1/Fulltext.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/19870/
Daftar Isi:
  • Penelitian dengan judul Metode Pembelajaran Team Teaching (TT) dan Problem Based Learning (PBL) pada Pembelajaran Menulis Di Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan kemampuan mahasiswa dalam mata kuliah menulis, sehingga mereka dapat menulis dengan mengunakan variasi paragraf dan berbagai topik. Selaian itu, dengan model Team Teaching (TT) mahasiswa akan lebih terbimbing dan mendapat masukan dari beberapa dosen. Berdasarkan indikator kinerja diperoleh peningkatan sebesar 40% dari beas line 50% menjadi 90%. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan di setiap tahap. Tahapan yang dilakukan pada penelitian ini ada adalah 1) tahap tes awal, 2) tahap membuat karangan dengan mengunakan berbagai jenis paragraf yang diawali dengan memberikan topik permasalahan, 3) mengedit tulisan mahasiswa yang lain, dan 4) tahap mereproduksi tulisan. Berdasarkan tahap tersebut diperoleh peningkatan yang sangat baik yaitu kemampuan awal mahasiswa yang berada pada kategori Baik Sekali hanya 1 mahasiswa menjadi 23 mahasiswa pada tahap akhir yang berada pada rentang nilai 85-100. Berdasarkan hasil tersebut dapat disarakan bahwa model pembelajaran Team Teaching dan Problem Based Learning terbukti dapat memotivasi mahasiswa karena perkuliaan tidak hanya di kelas dan berfokus pada buku tetapi juga internet dan lingkungan. Kemampuan mahasiswa akan lebih berkembang apabila terjadi kebervariasian suasana dan dosen yang mengajar. Team Teaching bisa dilakukan meskipun masih terdapat kekuarangan sumber daya atau pengajar yaitu dengan melakukan semi team teaching.