Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) apakah peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematik siswa yang memperoleh pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray berbantuan Geogebra lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional; (2) apakah peningkatan self efficacy siswa yang memperoleh pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray berbantuan Geogebra lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional; (3) bagaimana bentuk proses penyelesaian masalah matematik (proses jawaban) siswa terkait kemampuan pemecahan masalah matematik siswa dengan pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray berbantuan Geogebra dan pembelajaran konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 064036 Medan. Kelas eksperimen diberi perlakuan pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray dengan berbantuan GeoGebra dan kelas kontrol diberi perlakuan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan pemecahan masalah matematika dan angket self efficacy. Analisis data dilakukan dengan ANAVA 2 Jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematik siswa yang memperoleh pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray berbantuan Geogebra lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional; (2) peningkatan self efficacy siswa yang memperoleh pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray berbantuan Geogebra lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional; (3) bentuk proses penyelesaian masalah matematik (proses jawaban) siswa terkait kemampuan pemecahan masalah matematik siswa dengan pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray berbantuan Geogebra lebih baik daripada pembelajaran konvensional.