Daftar Isi:
  • Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kegiatan ekstrakurikuler pramuka yang mengandung nilai-nilai pendidikan karakter di MAN 3 Medan, mengetahui implementasi ekstrakurikuler pramuka dalam penanaman pendidikan karakter di MAN 3 Medan, mengetahui persepsi pembina terhadap perbedaan karakter antara pelajar yang tidak mengikuti ekstrakurikuler pramuka dengan yang mengikuti ekstrakurikuler pramuka di MAN 3 Medan dan mengetahui faktor pendorong dan penghambat dalam penanaman nilai pendidikan karakter di MAN 3 Medan. Jenis penelitian yang dipakai adalah kualitatif-deskriptif dengan pendekatan studi lapangan dan observasi partisipasi.Pada penelitian ini terdapat 8 informan kunci, yakni 2 orang diantaranya merupakan pembina pramuka dan 6 orang lainnya merupakan anggota pramuka.Adapun informan tambahannya dalam penelitian ini berjumlah 6 orang.Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi melalui foto dan rekaman suara. Hasil dari penelitian ini yaitu ekstrakurikuler pramuka mampu melakukan penanaman nilai pendidikan karakter di MAN 3 Medan.Ekstrakurikuler pramuka juga menjadi komunitas karakter yang membantu madrasah dalam penanaman nilai pendidikan karakter.Penanaman dilakukan dengan mengamalkan struktur dan aturan pramuka yaitu kode kehormatan pramuka. Sistem among juga digunakan dalam penanaman nilai pendidikan karakter melalui sosialisasi yang dilakukan oleh pembina pramuka.Pembina pramuka memiliki peran utama dalam penanaman nilai pendidikan karakter. Kesimpulan yang didapat nilai pendidikan karakter di dapat dari kode kehormatan pramuka dan kegiatan kepramukaan.Implementasi nilai pendidikan karakter dilakukan melalui pendekatan pengalaman, pembiasaan, emosional, rasional, keteladanan, dan fungsional.Metode implementasi nilai pendidikan karakter melalui metode kepramukaan.Karakter pelajar yang mengikuti ekstrakurikuler pramuka lebih baik karakternya terutama di karakter kesopanan dan kedisiplinan kepada peraturan dibandingkan pelajar yang tidak mengikuti ekstrakurikuler pramuka.Terdapat situasi dan kondisi yang mempengaruhi ekstrakurikuler pramuka yaitu kebijakan madrasah, sarana dan prasarana, orang tua dan teman sebaya. Faktor pendorong dan penghambat terdapat pada diri sendiri anggota pramuka (internal) dan luar diri anggota pramuka (eksternal).