PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DAN MOTIVASI TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA DI KELAS V SD SWASTA MUHAMMADIYAH 01 PEMATANGSIANTAR
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar IPA; (2) pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar IPA; (3) interaksi antara model pembelajaran dengan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Swasta Muhammadiyah 01 Pematangsiantar, sedangkan sampel penelitian berjumlah 76 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian peksperimen semu. Instrumen penelitian terdiri dari tes hasil belajar berupa pilihan ganda dan angket motivasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji anava dua jalur pada taraf 0,05 Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar IPA siswa, hal ini terlihat dari rerata hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran pembelajaran berbasis masalah ̅x = 78,72, sedangkan yang diajarkan dengan model ekspositori ̅x = 68,92 (2) terdapat pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar IPA, hal ini terlihat dari rerata hasil belajar siswa yang bermotivasi tinggi ̅x = 78,29, sedangkan bermotivasi rendah ̅x = 69,61 (3) terdapat interaksi model pembelajaran berbasis masalah dan motivasi belajar dalam mempengaruhi hasil belajar IPA siswa, dimana hasil belajar IPA siswa yang diajar dengan model pembelajaran berbasis masalah yakni kelompok tinggi ̅x = 80,75, dan kelompok rendah ̅x = 76,58, lebih besar jika dibandingkan dengan siswa yang diajar dengan pembelajaran ekspositori yaitu kelompok tinggi ̅x = 75,56, dan kelompok rendah ̅x = 62,63.