PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SDN 091473 PLUS TIGABALATA
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) pengaruh model pembelajaran discovery terhadap hasil belajar IPA; (2) pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar IPA; (3) interaksi antara model pembelajaran dengan motivasi belajar dalam mempengaruhi hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian peksperimen semu. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN 091473 Plus Tigabalata, sedangkan sampel penelitian berjumlah 50 siswa. Instrumen penelitian terdiri dari tes hasil belajar berupa pilihan ganda dan angket motivasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji anava dua jalur pada taraf signifikan α = 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh model pembelajaran discovery terhadap hasil belajar IPA hasil belajar IPA siswa, hal ini terlihat dari rerata hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran discovery ( ̅X = 81,8), sedangkan yang diajar dengan model pembelajaran ekspositori ( ̅X = 70,4) dengan nilai sig.0,000; (2) terdapat pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar IPA, hal ini terlihat dari rerata hasil belajar siswa yang bermotivasi tinggi ( ̅X = 81,92) sedangkan siswa yang bermotivasi rendah ( ̅X = 69,79 dengan sig. 0,000; (3) terdapat interaksi model pembelajaran dan motivasi belajar dalam mempengaruhi hasil belajar IPA siswa dengan sig.0,038, dimana hasil belajar IPA siswa yang diajar dengan pembelajaran discovery yakni kelompok tinggi ̅X = 85,769, dan kelompok rendah ̅X = 77,5, lebih besar jika dibandingkan dengan siswa yang diajar dengan pembelajaran ekspositori yaitu kelompok tinggi ̅X = 78,077, dan kelompok rendah ̅X = 62,083