PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN SISWA BERBASIS SCIENTIFIC INQUIRY PADA MATERI SUHU DAN KALOR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA SMA
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKS konvensional yang tidak menggunakan model pembelajaran menjadi LKS yang menggunakan model pembelajaran scientific inquiry dan menganalisis apakah LKS berbasis scientific inquiry yang dikembangkan dapat meningkatkan respon, aktivitas dan hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan berdasarkan model pengembangan Borg & Gall. Sampel penelitian ini dipilih secara acak dengan mengundi dua kelas yang ada untuk mendapatkan satu kelas yang akan dibelajarkan menggunakan LKS berbasis scientific inquiry. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data ada tiga yaitu angket yang digunakan untuk validasi LKS oleh tim ahli materi dan desain, penilaian guru fisika dan respon siswa terhadap LKS berbasis scientific inquiry, dan lembar observasi aktivitas siswa yang digunakan pada setiap proses pembelajaran serta tes hasil belajar dalam bentuk essay terdiri dari lima pertanyaan yang diberikan pada setiap akhir pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKS berbasis scientific inquiry yang dikembangkan dapat meningkatkan respon, aktivitas dan hasil belajar siswa pada setiap pertemuan dengan kriteria sangat baik.