Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan desain perangkat pembelajaran RPP dan LKS yang sesuai dengan model pembelajaran berbasis masalah dan menganalisis apakah perangkat pembelajaran RPP dan LKS yang dikembangkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian pengembangan ini dilakukan pada uji terbatas dengan memakai satu kelas dengan menggunakan metode penelitian pengembangan 4D. Metode 4D ini digunakan sebagai metode untuk mendesain perangkat pembelajaran RPP dan LKS yang sesuai dengan model pembelajaran berbasis masalah.Ada tiga tahapan pengembangan perangkat pembelajaran RPP dan LKS yaitu pada tim ahli,kelompok kecil, dan uji lapangan. Penilaian RPP oleh tim ahli didasarkan pada aspek penilaian identitas, pemilihan materi , indikator, pemilihan model pembelajaran,kesesuaian kegiatan pembelajaran dengan model pembelajaran, dan sumber belajar. Penilaian LKS oleh tim ahli didasarkan pada aspek penilaian desain atau tampilan LKS,kelayakan isi , kesesuaian dengan syarat didaktis, dan kesesuaian dengan syarat teknis. Penilaian LKS oleh kelompok kecil dan uji lapangan didasarkan pada aspek penilaian kesesuaian penggunaan bahasa dan kalimat serta tampilan LKS, kesesuaian isi,kebahasaan dan kegrafikan, dan keefektifan penggunaan. Penilaian hasil belajar siswa berdasarkan pretes dan postes dianalisis dengan uji N-gain. Hasildesain perangkat pembelajaran RPP yang dikembangkan oleh peneliti sesuai dengan masukan dari tim ahli adalah pengembangan RPP pada aspek penilain indikator dan aspek penilaian pemilihan model pembelajaran.Hasildesain perangkat pembelajaran LKS yang dikembangkan oleh peneliti sesuai dengan masukan dari tim ahli yaitu pengembangan LKS pada aspek penilaian kesesuaian penyajian dengan model pembelajaran dan aspek penilaian Desain atau tampilan LKS . Hasildesain perangkat pembelajaran LKS yang dikembangkan oleh peneliti sesuai dengan masukan dari kelompok kecil dan uji lapangan yaitu pengembangan LKS pada aspek penilaian kesesuaian penggunaan bahasa dan kalimat serta tampilan LKS . Hasil penggunaa perangkat pembelajaran berbasis masalah yaitu terdapat peningkatan hasil belajar siswa dengan N-Gain dalam kategori sedang.