ANALISIS PENGETAHUAN DAN SIKAP SISWA PADA MATERI BIOTEKNOLOGI DI SMA NEGERI SE-KOTA BINJAI
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Besar tingkat pengetahuan siswa pada materi Bioteknologi; (2) Besar tingkat pengetahuan siswa pada materi Bioteknologi berdasarkan indikator pembelajaran; (3) Besar tingkat pengetahuan siswa pada materi Bioteknologi berdasarkan level kognisi; (4) Besar tingkat ketuntasan belajar siswa pada materi Bioteknologi; (5) Hubungan tingkat pengetahuan dan sikap siswa pada materi Bioteknologi. Penelitian ini bersifat deskriptif kwalitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SMA Negeri Se-Kota Binjai yang diwakili 5 SMA Negeri. Meliputi SMA Negeri 1, SMA Negeri 2, SMA Negeri 4, SMA Negeri 6, SMA Negeri 7. Sampel dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen tes diagnostik terhadap penguasaan materi Bioteknologi, angket sikap siswa dan wawancara. Data dianalisis dengan menggunakan statistika deskriptif menggunakan persentase dan korelasi Spearman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Tingkat pengetahuan siswa secara keseluruhan mencapai 68,15 (68,15±15,24) termasuk kriteria baik. (2) Tingkat pengetahuan siswa pada materi Bioteknologi berdasarkan indikator diperoleh sebagai berikut ind 1.1 (80,55%±6,25%), ind 1.2 (55,07±8,02%), ind 1.3 (82,33%±10,48%), ind 1.4 (69,54%±13,45%), ind 1.5 (61,38%±6,16%), ind 2.1 (56,28%±9,67%), ind 2.2 (64,15%±17,23%), ind 2.3 (68,97%±16,32%). (3) Tingkat pengetahuan siswa pada materi Bioteknologi berdasarkan level kognisi sebagai berikut C1 (80,76%±9%), C2 (61,28% ± 11%), C3 (63,76%±19%), C4 (64,29%±19%). (4) Tingkat ketuntasan belajar siswa pada materi Bioteknologi (36,32%). (5) Terdapat hubungan yang signifikan antara tingkat pengetahuan dan sikap belajar siswa (r=0,208 , Sig=0,000). Berdasarkan Rhitung yang diperoleh maka diketahui hubungan antara sikap dan nilai siswa tergolong dalam hubungan yang berkorelasi positif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa tingkat pengetahuan siswa termasuk dalam kategori baik namun masih diperlukan upaya peningkatkan pengetahuan dan sikap siswa untuk hasil yang lebih baik. Hubungan tingkat pengetahuan dan sikap siswa tergolong dalam hubungan yang berkorelasi lemah.