Daftar Isi:
  • Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif-korelatif dengan teknik analisis korelasi regresi pada taraf signifikansi α = 0,05. Penelitian ini dilakukan di MAN-1, MAN-2 dan MAN-3 Medan yang bertujuan untuk mengetahui hubungan: (1) persepsi siswa terhadap mata pelajaran biologi dengan hasil belajar biologi; (2) konsep diri dengan hasil belajar biologi (3) persepsi siswa dan konsep diri secara bersama-sama dengan hasil belajar biologi. Sampel penelitian ini diambil dengan teknik total sampling yaitu seluruh siswa kelas XI IPA di MAN se-Kota Medan yaitu MAN-1 (177 siswa), MAN-2 (200 siswa) dan MAN-3 (111 siswa) pada tahun pembelajaran 2014/2015 dengan total siswa berjumlah 488 siswa dari seluruh populasi siswa kelas XI IPA sebanyak 563 siswa. Instrumen penelitian ini berupa angket persepsi siswa terhadap mata pelajaran biologi, angket konsep diri. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) terdapat hubungan yang signifikan antara persepsi dengan hasil belajar biologi (r=0,561, F=222,774, P= 0,000); (2) terdapat hubungan yang signifikan antara konsep diri dengan hasil belajar biologi (r=0,418, F=103,123, P= 0,000); (3) terdapat hubungan yang signifikan persepsi dan konsep diri secara bersama-sama dengan hasil belajar biologi (r= 0,562, F=111,822, P=0,000). Kesimpulan umum dari penelitian ini menggambarkan hasil belajar biologi sehingga hasil penelitian ini mengimplikasikan bahwa persepsi dan konsep diri memberikan kontribusi secara signifikan dengan hasil belajar biologi pada kelas XI IPA di MAN se-Kota Medan.