PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK DAN DISCOVERY TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI, KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN SIKAP ILMIAH SISWA PADA MATERI SISTEM RESPIRASI PADA MANUSIA SMA NEGERI 2 PEMATANGSIANTAR
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran berbasis proyek, discovery dan konvensional terhadap : (1). Kemampuan berpikir tingkat tinggi kelas XI SMA Negeri 2 Pematangsiantar; (2).Keterampilan proses sains siswa kelas XI SMA Negeri 2 Pematangsiantar; (3).Sikap ilmiah siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Pematangsiantar.Penelitian Quasi Eksperimen ini menggunakan desain penelitian pretest dan postest control group design.Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 2 Pematangsiantar tahun pelajaran 2015/2016 berjumlah 7 kelas. Teknik pengumpulan sampel dilakukan secara acak (cluster random sampling), sebanyak 3 kelas yakni kelas XI PMIA1 (berbasis proyek), kelas XI PMIA2 (discovery), dan kelas XI PMIA3 (konvensional). Tiga instrument test digunakan dalam penelitian ini yaitu : (1) test kemampuan berpikir tingkat tinggi;(2) Keterampilan proses sains; (3) angket sikap sosial. Uji persyaratan menunjukkan bahwa data terdistribusi normal dan homogen. Hipotesis diuji dengan teknik Analisis Kovariat (Anacova) dan Analisis Varian satu jalur (One Way Anova) serta uji Tukey dengan bantuan program SPSS.21. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1). Terdapat pengaruh strategi pembelajaran berbasis proyek,discovery dan konvensional terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi kelas XI SMA Negeri 2 Pematangsiantar.Kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran berbasis proyek tidak berbeda secara signifikan dengan strategi pembelajaran discovery(P = 0,276) tetapi berbeda signifikan dengan pembelajaran konvensional (P = 0,000); (2).Terdapat pengaruh strategi pembelajaran berbasis proyek, discovery dan konvensional terhadap keterampilan proses sains siswa kelas XI SMA Negeri 2 Pematangsiantar.Keterampilan proses sains siswa yang dibelajarkan dengan strtegi pembelajaran berbasis proyek tidak berbeda secara signifikan dengan kelas yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran discovery (P = 0,893), tetapi berbeda signifikan dengan kelas yang dibelajarkan secara konvensional (P = 0,002); (3). Terdapat pengaruh strategi pembelajaran berbasis proyek, discovery dan konvensional terhadap sikap ilmiah siswa kelas XI SMA Negeri 2 Pematangsiantar. Sikap ilmiah siswa yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran berbasis proyek, tidak berbeda secara signifikan dengan kelas yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran discovery (P = 0,234) tetapi berbeda secara signifikan dengan kelas konvensional (P = 0,001).Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran berbasis proyek, nilai kemampuan berpikir tingkat tinggi, ketrampilan proses sains, dan sikap ilmiah lebih tinggi dibanding kan dengan pembelajaran discovery dan konvensional.