Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan Menyimak Teks Pidato terhadap Kemampuan Menulis Paragraf Argumentasi Oles Siswa Kelas X SMA Cerdas Murni Tembung Tahun Pembelajaran 2015/2016. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Cerdas Murni Tembung tahun pembelajaran 2015/2016 yang terdiri dari dua kelas dengan jumlah 78 siswa. Sampel penelitian sebanyak 38 siswa yang diambil secara acak. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif korelasional. Menyimak Teks Pidato dengan tes objektif pilihan berganda dan Kemampuan Menulis Paragraf Argumentasi dijaring dengan tes penugasan. Sebelum pengujian hipotesis terlebih dahulu dilakukan uji persyaratan analisis yaitu normalitas, linearitas dan keberartian. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa Kemampuan Menyimak Teks Pidato terhadap Kemampuan Menulis Paragraf Argumentasi Oles Siswa Kelas X SMA Cerdas Murni Tembung Tahun Pembelajaran 2015/2016 tergolong cukup dengan nilai rata-rata 65,78. Kemampuan menulis paragraf argumentasi oleh siswa kelas X SMA Cerdas Murni Tembung tahun pembelajaran 2015/2016 tergolong baik dengan nilai rata-rata 71,38. Perhitungan koefisien korelasi didapat r = 9,28 dan indeks determinasi I =84,64 % artinya ada korelasi yang positif dan berarti antara kemampuan menyimak teks pidato dengan kemampuan menulis paragraf argumentasi, dimana indeks determinasi 84,64 % dari kemampuan menulis paragraf argumentasi siswa merupakan sumbangan dari kemampuan menyimak teks pidato itu sendiri. Selanjutnya, pengujian hipotesis dengan menggunakan korelasi product moment diperoleh nilai rxy = 9,28% dan nilai rtabel pada taraf signifikansi α = 0,05 dengan N = 38 sebesar menunjukkan bahwa rhitung > rtabel yaitu (09,28 > 0,304) sehingga hipotesis penelitian diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara kemampuan Menyimak Teks Pidato dengan Kemampuan Menulis Paragraf Argumentasi Oles Siswa Kelas X SMA Cerdas Murni Tembung Tahun Pembelajaran 2015/2016