ctrlnum 19522
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://digilib.unimed.ac.id/19522/</relation><title>PENGEMBANGAN PENUNTUN PRAKTIKUM EKOLOGI TUMBUHAN BERBASIS LITERASI SAINS</title><creator>Gultom, Tini Rosalia</creator><subject>LC149 Literacy. Illiteracy</subject><subject>Q Science (General)</subject><subject>QH301 Biology</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kelayakan; (1) Penuntun praktikum Ekologi Tumbuhan Berbasis Literasi Sains sebagai batang tubuh pengetahuan (a body of knowladge; (2) Penuntun praktikum Ekologi Tumbuhan Sains sebagai cara untuk menyelidiki (way of investigating); (3) Penuntun praktikum Ekologi Tumbuhan Sains sebagai cara berfikir (way of thinking); (4) Penuntun praktikum Ekologi Tumbuhan Interaksi sains, teknologi dengan masyarakat (interaction of science, tecnology and society) menurut tim ahli materi, ahli desain dan mahasiswa biologi Universitas Negeri Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan produk model Borg and Gall, yang dimodifikasi sesuai kebutuhan. Model ini meliputi enam tahapan, yaitu (1) Melakukan penelitian pendahuluan; (2) Perencanaan produk; (3) Pengumpulan bahan; (4) Pengembangan produk awal; (5) Validasi produk, (6) Revisi dan Uji Coba. Subjek uji coba terdiri dari tim ahli materi, tim ahli desain, 3 (tiga) mahasiswa Prodi Pendidikan biologi uji coba perorangan, 9 (sembilan) mahasiswa Prodi Pendidikan biologi uji coba kelompok kecil, 20 mahasiswa Prodi Pendidikan biologi uji coba kelompok terbatas. Data yang dikumpulkan berupa angket. Data dianalisis dengan tehnik deskriftif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian pengembangan penuntun praktikum berbasis literasi sains menurut tim ahli materi (dua) menunjukkan bahwa tingkat kelayakan Penuntun praktikum Ekologi Tumbuhan Berbasis Literasi Sains (1) Sebagai batang tubuh pengetahuan (a body of knowladge) &#x201C;sangat baik&#x201D; (91,07%); (2) Sebagai cara untuk menyelidiki (way of investigating) &#x201C;sangat baik&#x201D; (100%); (3) Sebagai cara berfikir (way of thinking) &#x201C;sangat baik&#x201D; (92,18%); (4) Interaksi sains, teknologi dengan masyarakat (interaction of science, tecnology and society) dan refleksi diri &#x201C;sangat baik&#x201D; (96,87%); (5) menurut tim ahli desain &#x201C;sangat baik&#x201D; 92,10%; (6)Uji coba perorangan berada pada kriteria &#x201C;sangat baik&#x201D; (82,70%); Uji coba kelompok kecil berada pada kriteria &#x201C;sangat baik&#x201D; (91,02%); Uji coba kelompok terbatas berada pada kriteria &#x201C;sangat baik&#x201D; (94,97%). Berdasarkan data tersebut produk penuntun praktikum Ekologi Tumbuhan Berbasis Literasi Sains yang sudah dikembangkan layak digunakan untuk mahasiswa sebagai penuntun praktikum pada mata kuliah Ekologi Tumbuhan. Mengingat penelitian ini hanya dilakukan sampai uji kelompok lapangan terbatas maka untuk mengetahui keefektifitasannya penuntun praktikum Ekologi Tumbuhan perlu dilakukan penelitian lebih lanjut.</description><date>2016-06-23</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/19522/4/1.%20NIM.%208146174041%20COVER.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/19522/3/2.%20NIM.%208146174041%20APPROVAL%20SHEET.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/19522/6/3.%20NIM.%20%208146174041%20ABSTRACT.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/19522/7/4.%20NIM.%208146174041%20PREFACE.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/19522/9/5.%20NIM.%208146174041%20TABLE%20OF%20CONTENT.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/19522/8/6.%20NIM.%208146174041%20TABLES.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/19522/10/7.%20NIM.%208146174041%20%20ILLUSTRATION.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/19522/11/8.%20NIM.%208146174041%20APPENDICES.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/19522/5/9.%20NIM.%208146174041%20CHAPTER%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/19522/1/13.%20NIM.%208146174041%20CHAPTER%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/19522/2/14.%20NIM.%208146174041%20BIBLIOGRAPHY.pdf</identifier><identifier> Gultom, Tini Rosalia (2016) PENGEMBANGAN PENUNTUN PRAKTIKUM EKOLOGI TUMBUHAN BERBASIS LITERASI SAINS. Masters thesis, UNIMED. </identifier><recordID>19522</recordID></dc>
language ind
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Gultom, Tini Rosalia
title PENGEMBANGAN PENUNTUN PRAKTIKUM EKOLOGI TUMBUHAN BERBASIS LITERASI SAINS
publishDate 2016
isbn 208146174041
topic LC149 Literacy. Illiteracy
Q Science (General)
QH301 Biology
url http://digilib.unimed.ac.id/19522/4/1.%20NIM.%208146174041%20COVER.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/19522/3/2.%20NIM.%208146174041%20APPROVAL%20SHEET.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/19522/6/3.%20NIM.%20%208146174041%20ABSTRACT.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/19522/7/4.%20NIM.%208146174041%20PREFACE.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/19522/9/5.%20NIM.%208146174041%20TABLE%20OF%20CONTENT.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/19522/8/6.%20NIM.%208146174041%20TABLES.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/19522/10/7.%20NIM.%208146174041%20%20ILLUSTRATION.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/19522/11/8.%20NIM.%208146174041%20APPENDICES.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/19522/5/9.%20NIM.%208146174041%20CHAPTER%20I.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/19522/1/13.%20NIM.%208146174041%20CHAPTER%20V.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/19522/2/14.%20NIM.%208146174041%20BIBLIOGRAPHY.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/19522/
contents Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kelayakan; (1) Penuntun praktikum Ekologi Tumbuhan Berbasis Literasi Sains sebagai batang tubuh pengetahuan (a body of knowladge; (2) Penuntun praktikum Ekologi Tumbuhan Sains sebagai cara untuk menyelidiki (way of investigating); (3) Penuntun praktikum Ekologi Tumbuhan Sains sebagai cara berfikir (way of thinking); (4) Penuntun praktikum Ekologi Tumbuhan Interaksi sains, teknologi dengan masyarakat (interaction of science, tecnology and society) menurut tim ahli materi, ahli desain dan mahasiswa biologi Universitas Negeri Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan produk model Borg and Gall, yang dimodifikasi sesuai kebutuhan. Model ini meliputi enam tahapan, yaitu (1) Melakukan penelitian pendahuluan; (2) Perencanaan produk; (3) Pengumpulan bahan; (4) Pengembangan produk awal; (5) Validasi produk, (6) Revisi dan Uji Coba. Subjek uji coba terdiri dari tim ahli materi, tim ahli desain, 3 (tiga) mahasiswa Prodi Pendidikan biologi uji coba perorangan, 9 (sembilan) mahasiswa Prodi Pendidikan biologi uji coba kelompok kecil, 20 mahasiswa Prodi Pendidikan biologi uji coba kelompok terbatas. Data yang dikumpulkan berupa angket. Data dianalisis dengan tehnik deskriftif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian pengembangan penuntun praktikum berbasis literasi sains menurut tim ahli materi (dua) menunjukkan bahwa tingkat kelayakan Penuntun praktikum Ekologi Tumbuhan Berbasis Literasi Sains (1) Sebagai batang tubuh pengetahuan (a body of knowladge) “sangat baik” (91,07%); (2) Sebagai cara untuk menyelidiki (way of investigating) “sangat baik” (100%); (3) Sebagai cara berfikir (way of thinking) “sangat baik” (92,18%); (4) Interaksi sains, teknologi dengan masyarakat (interaction of science, tecnology and society) dan refleksi diri “sangat baik” (96,87%); (5) menurut tim ahli desain “sangat baik” 92,10%; (6)Uji coba perorangan berada pada kriteria “sangat baik” (82,70%); Uji coba kelompok kecil berada pada kriteria “sangat baik” (91,02%); Uji coba kelompok terbatas berada pada kriteria “sangat baik” (94,97%). Berdasarkan data tersebut produk penuntun praktikum Ekologi Tumbuhan Berbasis Literasi Sains yang sudah dikembangkan layak digunakan untuk mahasiswa sebagai penuntun praktikum pada mata kuliah Ekologi Tumbuhan. Mengingat penelitian ini hanya dilakukan sampai uji kelompok lapangan terbatas maka untuk mengetahui keefektifitasannya penuntun praktikum Ekologi Tumbuhan perlu dilakukan penelitian lebih lanjut.
id IOS3150.19522
institution Universitas Negeri Medan
institution_id 60
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Negeri Medan
library_id 564
collection Digital Repository Universitas Negeri Medan
repository_id 3150
subject_area Adat Istiadat
Agama
Akuntansi
city KOTA MEDAN
province SUMATERA UTARA
repoId IOS3150
first_indexed 2016-09-23T02:49:23Z
last_indexed 2016-09-23T02:49:23Z
recordtype dc
_version_ 1766033405761290240
score 17.538404