ctrlnum 19520
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://digilib.unimed.ac.id/19520/</relation><title>ANALISIS BUKU AJAR BAHASA DAN SASTRA INDONESIA SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) KELAS XII KURIKULUM 2013</title><creator>Asyiah, Sarah Nur</creator><subject>LB1603 Secondary Education. High schools</subject><subject>LB2361 Curriculum</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penilaian buku teks Bahasa Indonesia kelas XII berdasarkan penilaian buku teks menurut sepuluh kriteria penilaian oleh Greene dan Petty yang telah dimodifikasi menjadi sebelas kriteria penilaian. Objek penelitian ini adalah buku teks pelajaran Bahasa Indonesia kelas XII Kurikulum 2013. Instrumen penelitian ini ialah lembar penilaian buku teks menurut sepuluh kriteria penilaian oleh Greene dan Petty yang telah dimodifikasi menjadi sebelas kriteria penilaian. Buku yang dianalisis adalah buku ajar pelajaran Bahasa Indonesia untuk kelas XII karya Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan penerbit Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia tahun 2015. Buku ajar Bahasa Indonesia ini jika dilihat dari buku guru maupun buku siswa sudah baik dan layak untuk digunakan. Dalam buku guru berisi langkah-langkah yang harus dilakukan guru dalam proses pembelajaran yang bermanfaat sebagai pedoman guru dalam aktifitas belajar mengajar. Sementara dalam buku siswa terdapat pembahasan materi dan pelatihan kompetensi. Buku ini layak digunakan berdasarkan penilaian data yang diteliti dari beberapa subkomponen yakni, sudut pandang (point of view), kejelasan konsep, relevan dengan kurikulum, menarik minat, menumbuhkan motivasi, menstimulasi aktivitas siswa, ilustratif, mudah dipahami, menunjang mata pelajaran lain, menghargai perbedaan individu dan memantapkan nilai-nilai. Seluruh subkomponen menghasilkan hasil penilain yang baik terhadap buku teks Bahasa Indonesia Kelas XII Kurikulim 2013. Dengan begitu buku ajar ini layak digunakan guru dan peserta didik untuk mencapai tujuan pembelajaran</description><date>2016-07-16</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/19520/1/01%20NIM%202123111074%20COVER.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/19520/2/02%20NIM%202123111074%20LEMBAR%20PENGESAHAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/19520/3/03%20NIM%202123111074%20ABSTRAK.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/19520/4/04%20NIM%202123111074%20KATA%20PENGANTAR.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/19520/5/05%20NIM%202123111074%20DAFTAR%20ISI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/19520/6/06%20NIM%202123111074%20DAFTAR%20TABEL.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/19520/7/07%20NIM%202123111074%20DAFTAR%20GAMBAR.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/19520/8/08%20NIM%202123111074%20DAFTAR%20LAMPIRAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/19520/9/09%20NIM%202123111074%20BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/19520/10/13%20NIM%202123111074%20BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/19520/11/14%20NIM%202123111074%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><identifier> Asyiah, Sarah Nur (2016) ANALISIS BUKU AJAR BAHASA DAN SASTRA INDONESIA SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) KELAS XII KURIKULUM 2013. Undergraduate thesis, UNIMED. </identifier><recordID>19520</recordID></dc>
language ind
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Asyiah, Sarah Nur
title ANALISIS BUKU AJAR BAHASA DAN SASTRA INDONESIA SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) KELAS XII KURIKULUM 2013
publishDate 2016
isbn 202123111074
topic LB1603 Secondary Education. High schools
LB2361 Curriculum
url http://digilib.unimed.ac.id/19520/1/01%20NIM%202123111074%20COVER.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/19520/2/02%20NIM%202123111074%20LEMBAR%20PENGESAHAN.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/19520/3/03%20NIM%202123111074%20ABSTRAK.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/19520/4/04%20NIM%202123111074%20KATA%20PENGANTAR.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/19520/5/05%20NIM%202123111074%20DAFTAR%20ISI.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/19520/6/06%20NIM%202123111074%20DAFTAR%20TABEL.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/19520/7/07%20NIM%202123111074%20DAFTAR%20GAMBAR.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/19520/8/08%20NIM%202123111074%20DAFTAR%20LAMPIRAN.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/19520/9/09%20NIM%202123111074%20BAB%20I.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/19520/10/13%20NIM%202123111074%20BAB%20V.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/19520/11/14%20NIM%202123111074%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/19520/
contents Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penilaian buku teks Bahasa Indonesia kelas XII berdasarkan penilaian buku teks menurut sepuluh kriteria penilaian oleh Greene dan Petty yang telah dimodifikasi menjadi sebelas kriteria penilaian. Objek penelitian ini adalah buku teks pelajaran Bahasa Indonesia kelas XII Kurikulum 2013. Instrumen penelitian ini ialah lembar penilaian buku teks menurut sepuluh kriteria penilaian oleh Greene dan Petty yang telah dimodifikasi menjadi sebelas kriteria penilaian. Buku yang dianalisis adalah buku ajar pelajaran Bahasa Indonesia untuk kelas XII karya Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan penerbit Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia tahun 2015. Buku ajar Bahasa Indonesia ini jika dilihat dari buku guru maupun buku siswa sudah baik dan layak untuk digunakan. Dalam buku guru berisi langkah-langkah yang harus dilakukan guru dalam proses pembelajaran yang bermanfaat sebagai pedoman guru dalam aktifitas belajar mengajar. Sementara dalam buku siswa terdapat pembahasan materi dan pelatihan kompetensi. Buku ini layak digunakan berdasarkan penilaian data yang diteliti dari beberapa subkomponen yakni, sudut pandang (point of view), kejelasan konsep, relevan dengan kurikulum, menarik minat, menumbuhkan motivasi, menstimulasi aktivitas siswa, ilustratif, mudah dipahami, menunjang mata pelajaran lain, menghargai perbedaan individu dan memantapkan nilai-nilai. Seluruh subkomponen menghasilkan hasil penilain yang baik terhadap buku teks Bahasa Indonesia Kelas XII Kurikulim 2013. Dengan begitu buku ajar ini layak digunakan guru dan peserta didik untuk mencapai tujuan pembelajaran
id IOS3150.19520
institution Universitas Negeri Medan
institution_id 60
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Negeri Medan
library_id 564
collection Digital Repository Universitas Negeri Medan
repository_id 3150
subject_area Adat Istiadat
Agama
Akuntansi
city KOTA MEDAN
province SUMATERA UTARA
repoId IOS3150
first_indexed 2016-09-23T02:49:23Z
last_indexed 2016-09-23T02:49:23Z
recordtype dc
_version_ 1766033405749755904
score 17.538404