ANALISIS BUKU AJAR BAHASA DAN SASTRA INDONESIA SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) KELAS XII KURIKULUM 2013
ctrlnum |
19520 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://digilib.unimed.ac.id/19520/</relation><title>ANALISIS BUKU AJAR BAHASA DAN SASTRA INDONESIA SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) KELAS XII KURIKULUM 2013</title><creator>Asyiah, Sarah Nur</creator><subject>LB1603 Secondary Education. High schools</subject><subject>LB2361 Curriculum</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penilaian buku teks Bahasa Indonesia kelas XII berdasarkan penilaian buku teks menurut sepuluh kriteria penilaian oleh Greene dan Petty yang telah dimodifikasi menjadi sebelas kriteria penilaian. Objek penelitian ini adalah buku teks pelajaran Bahasa Indonesia kelas XII Kurikulum 2013. Instrumen penelitian ini ialah lembar penilaian buku teks menurut sepuluh kriteria penilaian oleh Greene dan Petty yang telah dimodifikasi menjadi sebelas kriteria penilaian. Buku yang dianalisis adalah buku ajar pelajaran Bahasa Indonesia untuk kelas XII karya Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan penerbit Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia tahun 2015. Buku ajar Bahasa Indonesia ini jika dilihat dari buku guru maupun buku siswa sudah baik dan layak untuk digunakan. Dalam buku guru berisi langkah-langkah yang harus dilakukan guru dalam proses pembelajaran yang bermanfaat sebagai pedoman guru dalam aktifitas belajar mengajar. Sementara dalam buku siswa terdapat pembahasan materi dan pelatihan kompetensi. Buku ini layak digunakan berdasarkan penilaian data yang diteliti dari beberapa subkomponen yakni, sudut pandang (point of view), kejelasan konsep, relevan dengan kurikulum, menarik minat, menumbuhkan motivasi, menstimulasi aktivitas siswa, ilustratif, mudah dipahami, menunjang mata pelajaran lain, menghargai perbedaan individu dan memantapkan nilai-nilai. Seluruh subkomponen menghasilkan hasil penilain yang baik terhadap buku teks Bahasa Indonesia Kelas XII Kurikulim 2013. Dengan begitu buku ajar ini layak digunakan guru dan peserta didik untuk mencapai tujuan pembelajaran</description><date>2016-07-16</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/19520/1/01%20NIM%202123111074%20COVER.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/19520/2/02%20NIM%202123111074%20LEMBAR%20PENGESAHAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/19520/3/03%20NIM%202123111074%20ABSTRAK.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/19520/4/04%20NIM%202123111074%20KATA%20PENGANTAR.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/19520/5/05%20NIM%202123111074%20DAFTAR%20ISI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/19520/6/06%20NIM%202123111074%20DAFTAR%20TABEL.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/19520/7/07%20NIM%202123111074%20DAFTAR%20GAMBAR.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/19520/8/08%20NIM%202123111074%20DAFTAR%20LAMPIRAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/19520/9/09%20NIM%202123111074%20BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/19520/10/13%20NIM%202123111074%20BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/19520/11/14%20NIM%202123111074%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><identifier> Asyiah, Sarah Nur (2016) ANALISIS BUKU AJAR BAHASA DAN SASTRA INDONESIA SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) KELAS XII KURIKULUM 2013. Undergraduate thesis, UNIMED. </identifier><recordID>19520</recordID></dc>
|
language |
ind |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Asyiah, Sarah Nur |
title |
ANALISIS BUKU AJAR BAHASA DAN SASTRA INDONESIA SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) KELAS XII KURIKULUM 2013 |
publishDate |
2016 |
isbn |
202123111074 |
topic |
LB1603 Secondary Education. High schools LB2361 Curriculum |
url |
http://digilib.unimed.ac.id/19520/1/01%20NIM%202123111074%20COVER.pdf http://digilib.unimed.ac.id/19520/2/02%20NIM%202123111074%20LEMBAR%20PENGESAHAN.pdf http://digilib.unimed.ac.id/19520/3/03%20NIM%202123111074%20ABSTRAK.pdf http://digilib.unimed.ac.id/19520/4/04%20NIM%202123111074%20KATA%20PENGANTAR.pdf http://digilib.unimed.ac.id/19520/5/05%20NIM%202123111074%20DAFTAR%20ISI.pdf http://digilib.unimed.ac.id/19520/6/06%20NIM%202123111074%20DAFTAR%20TABEL.pdf http://digilib.unimed.ac.id/19520/7/07%20NIM%202123111074%20DAFTAR%20GAMBAR.pdf http://digilib.unimed.ac.id/19520/8/08%20NIM%202123111074%20DAFTAR%20LAMPIRAN.pdf http://digilib.unimed.ac.id/19520/9/09%20NIM%202123111074%20BAB%20I.pdf http://digilib.unimed.ac.id/19520/10/13%20NIM%202123111074%20BAB%20V.pdf http://digilib.unimed.ac.id/19520/11/14%20NIM%202123111074%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://digilib.unimed.ac.id/19520/ |
contents |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penilaian buku teks Bahasa Indonesia kelas XII berdasarkan penilaian buku teks menurut sepuluh kriteria penilaian oleh Greene dan Petty yang telah dimodifikasi menjadi sebelas kriteria penilaian. Objek penelitian ini adalah buku teks pelajaran Bahasa Indonesia kelas XII Kurikulum 2013. Instrumen penelitian ini ialah lembar penilaian buku teks menurut sepuluh kriteria penilaian oleh Greene dan Petty yang telah dimodifikasi menjadi sebelas kriteria penilaian. Buku yang dianalisis adalah buku ajar pelajaran Bahasa Indonesia untuk kelas XII karya Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan penerbit Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia tahun 2015. Buku ajar Bahasa Indonesia ini jika dilihat dari buku guru maupun buku siswa sudah baik dan layak untuk digunakan. Dalam buku guru berisi langkah-langkah yang harus dilakukan guru dalam proses pembelajaran yang bermanfaat sebagai pedoman guru dalam aktifitas belajar mengajar. Sementara dalam buku siswa terdapat pembahasan materi dan pelatihan kompetensi. Buku ini layak digunakan berdasarkan penilaian data yang diteliti dari beberapa subkomponen yakni, sudut pandang (point of view), kejelasan konsep, relevan dengan kurikulum, menarik minat, menumbuhkan motivasi, menstimulasi aktivitas siswa, ilustratif, mudah dipahami, menunjang mata pelajaran lain, menghargai perbedaan individu dan memantapkan nilai-nilai. Seluruh subkomponen menghasilkan hasil penilain yang baik terhadap buku teks Bahasa Indonesia Kelas XII Kurikulim 2013. Dengan begitu buku ajar ini layak digunakan guru dan peserta didik untuk mencapai tujuan pembelajaran |
id |
IOS3150.19520 |
institution |
Universitas Negeri Medan |
institution_id |
60 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Negeri Medan |
library_id |
564 |
collection |
Digital Repository Universitas Negeri Medan |
repository_id |
3150 |
subject_area |
Adat Istiadat Agama Akuntansi |
city |
KOTA MEDAN |
province |
SUMATERA UTARA |
repoId |
IOS3150 |
first_indexed |
2016-09-23T02:49:23Z |
last_indexed |
2016-09-23T02:49:23Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1766033405749755904 |
score |
17.538404 |