PENGARUH PEMAHAMAN ISI, STRUKTUR DAN CIRI KEBAHASAAN TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPOSISI OLEH SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 KABANJAHE TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016
ctrlnum |
19518 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://digilib.unimed.ac.id/19518/</relation><title>PENGARUH PEMAHAMAN ISI, STRUKTUR DAN CIRI KEBAHASAAN TERHADAP KEMAMPUAN
MENULIS TEKS EKSPOSISI OLEH SISWA
KELAS X SMA NEGERI 2 KABANJAHE
TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016</title><creator>Bangun, Hawilla</creator><subject>LB1603 Secondary Education. High schools</subject><subject>P302 Discourse analysis</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pemahaman isi, struktur dan ciri kebahasaan terhadap kemampuan menulis teks eksposisi yang dilaksanakan pada bulan April 2016. Penelitian ini dilaksanakan di kelas X SMA Negeri 2 Kabanjahe Tahun Pembelajaran 2015/2016. Sampel penelitian ini sebanyak 32 orang siswa dari jumlah populasi keseluruhan 317 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian korelasional. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan korelasi Pearson (r). Penelitian ini menggunakan dua instrumen tes, yakni instrumen tes soal pilihan ganda dan instrumen esai tes. Sedangkan teknik analisis data dalam kegiatan penelitian dilakukan dengan (a) deskripsi data, (b) uji persyaratan analisis, yaitu uji normalitas dan uji linearitas dan (c) pengujian hipotesis dengan menggunakan korelasi product moment dari Pearson. Ada 8 hasil penelitian yang diperoleh sesuai dengan rumusan masalah pada bab I, yaitu hasil data rata-rata pemahaman isi teks eksposisi berkategori baik; hasil data rata-rata pemahaman struktur teks eksposisi berkategori baik; hasil data rata-rata pemahaman ciri kebahasaan teks eksposisi berkategori cukup; hasil data rata-rata kemampuan menulis teks eksposisi berkategori baik; ada pengaruh pemahaman isi terhadap kemampuan menulis teks eksposisi sebesar 0,554; ada pengaruh pemahaman struktur terhadap kemampuan menulis teks eksposisi sebesar 0,626; ada pengaruh pemahaman ciri kebahasaan terhadap kemampuan menulis teks eksposisi sebesar 0,454; dan ada pengaruh pemahaman isi, struktur dan ciri kebahasaan terhadap kemampuan menulis teks eksposisi sebesar 0,545.</description><date>2016-07-12</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/19518/1/01%20NIM%202123111026%20COVER.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/19518/2/02%20NIM%202123111026%20LEMBAR%20PENGESAHAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/19518/3/03%20NIM%202123111026%20ABSTRAK.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/19518/4/04%20NIM%202123111026%20KATA%20PENGANTAR.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/19518/5/05%20NIM%202123111026%20DAFTAR%20ISI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/19518/6/06%20NIM%202123111026%20DAFTAR%20TABEL.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/19518/7/07%20NIM%202123111026%20DAFTAR%20LAMPIRAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/19518/8/08%20NIM%202123111026%20BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/19518/9/12%20NIM%202123111%20026%20BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/19518/10/13%20NIM%202123111026%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><identifier> Bangun, Hawilla (2016) PENGARUH PEMAHAMAN ISI, STRUKTUR DAN CIRI KEBAHASAAN TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPOSISI OLEH SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 KABANJAHE TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED. </identifier><recordID>19518</recordID></dc>
|
language |
ind |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Bangun, Hawilla |
title |
PENGARUH PEMAHAMAN ISI, STRUKTUR DAN CIRI KEBAHASAAN TERHADAP KEMAMPUAN
MENULIS TEKS EKSPOSISI OLEH SISWA
KELAS X SMA NEGERI 2 KABANJAHE
TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016 |
publishDate |
2016 |
isbn |
202123111026 |
topic |
LB1603 Secondary Education. High schools P302 Discourse analysis |
url |
http://digilib.unimed.ac.id/19518/1/01%20NIM%202123111026%20COVER.pdf http://digilib.unimed.ac.id/19518/2/02%20NIM%202123111026%20LEMBAR%20PENGESAHAN.pdf http://digilib.unimed.ac.id/19518/3/03%20NIM%202123111026%20ABSTRAK.pdf http://digilib.unimed.ac.id/19518/4/04%20NIM%202123111026%20KATA%20PENGANTAR.pdf http://digilib.unimed.ac.id/19518/5/05%20NIM%202123111026%20DAFTAR%20ISI.pdf http://digilib.unimed.ac.id/19518/6/06%20NIM%202123111026%20DAFTAR%20TABEL.pdf http://digilib.unimed.ac.id/19518/7/07%20NIM%202123111026%20DAFTAR%20LAMPIRAN.pdf http://digilib.unimed.ac.id/19518/8/08%20NIM%202123111026%20BAB%20I.pdf http://digilib.unimed.ac.id/19518/9/12%20NIM%202123111%20026%20BAB%20V.pdf http://digilib.unimed.ac.id/19518/10/13%20NIM%202123111026%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://digilib.unimed.ac.id/19518/ |
contents |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pemahaman isi, struktur dan ciri kebahasaan terhadap kemampuan menulis teks eksposisi yang dilaksanakan pada bulan April 2016. Penelitian ini dilaksanakan di kelas X SMA Negeri 2 Kabanjahe Tahun Pembelajaran 2015/2016. Sampel penelitian ini sebanyak 32 orang siswa dari jumlah populasi keseluruhan 317 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian korelasional. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan korelasi Pearson (r). Penelitian ini menggunakan dua instrumen tes, yakni instrumen tes soal pilihan ganda dan instrumen esai tes. Sedangkan teknik analisis data dalam kegiatan penelitian dilakukan dengan (a) deskripsi data, (b) uji persyaratan analisis, yaitu uji normalitas dan uji linearitas dan (c) pengujian hipotesis dengan menggunakan korelasi product moment dari Pearson. Ada 8 hasil penelitian yang diperoleh sesuai dengan rumusan masalah pada bab I, yaitu hasil data rata-rata pemahaman isi teks eksposisi berkategori baik; hasil data rata-rata pemahaman struktur teks eksposisi berkategori baik; hasil data rata-rata pemahaman ciri kebahasaan teks eksposisi berkategori cukup; hasil data rata-rata kemampuan menulis teks eksposisi berkategori baik; ada pengaruh pemahaman isi terhadap kemampuan menulis teks eksposisi sebesar 0,554; ada pengaruh pemahaman struktur terhadap kemampuan menulis teks eksposisi sebesar 0,626; ada pengaruh pemahaman ciri kebahasaan terhadap kemampuan menulis teks eksposisi sebesar 0,454; dan ada pengaruh pemahaman isi, struktur dan ciri kebahasaan terhadap kemampuan menulis teks eksposisi sebesar 0,545. |
id |
IOS3150.19518 |
institution |
Universitas Negeri Medan |
institution_id |
60 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Negeri Medan |
library_id |
564 |
collection |
Digital Repository Universitas Negeri Medan |
repository_id |
3150 |
subject_area |
Adat Istiadat Agama Akuntansi |
city |
KOTA MEDAN |
province |
SUMATERA UTARA |
repoId |
IOS3150 |
first_indexed |
2016-09-23T02:49:23Z |
last_indexed |
2016-09-23T02:49:23Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1766033405738221568 |
score |
17.538404 |