ctrlnum 19518
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://digilib.unimed.ac.id/19518/</relation><title>PENGARUH PEMAHAMAN ISI, STRUKTUR DAN CIRI KEBAHASAAN TERHADAP KEMAMPUAN&#xD; MENULIS TEKS EKSPOSISI OLEH SISWA&#xD; KELAS X SMA NEGERI 2 KABANJAHE&#xD; TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016</title><creator>Bangun, Hawilla</creator><subject>LB1603 Secondary Education. High schools</subject><subject>P302 Discourse analysis</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pemahaman isi, struktur dan ciri kebahasaan terhadap kemampuan menulis teks eksposisi yang dilaksanakan pada bulan April 2016. Penelitian ini dilaksanakan di kelas X SMA Negeri 2 Kabanjahe Tahun Pembelajaran 2015/2016. Sampel penelitian ini sebanyak 32 orang siswa dari jumlah populasi keseluruhan 317 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian korelasional. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan korelasi Pearson (r). Penelitian ini menggunakan dua instrumen tes, yakni instrumen tes soal pilihan ganda dan instrumen esai tes. Sedangkan teknik analisis data dalam kegiatan penelitian dilakukan dengan (a) deskripsi data, (b) uji persyaratan analisis, yaitu uji normalitas dan uji linearitas dan (c) pengujian hipotesis dengan menggunakan korelasi product moment dari Pearson. Ada 8 hasil penelitian yang diperoleh sesuai dengan rumusan masalah pada bab I, yaitu hasil data rata-rata pemahaman isi teks eksposisi berkategori baik; hasil data rata-rata pemahaman struktur teks eksposisi berkategori baik; hasil data rata-rata pemahaman ciri kebahasaan teks eksposisi berkategori cukup; hasil data rata-rata kemampuan menulis teks eksposisi berkategori baik; ada pengaruh pemahaman isi terhadap kemampuan menulis teks eksposisi sebesar 0,554; ada pengaruh pemahaman struktur terhadap kemampuan menulis teks eksposisi sebesar 0,626; ada pengaruh pemahaman ciri kebahasaan terhadap kemampuan menulis teks eksposisi sebesar 0,454; dan ada pengaruh pemahaman isi, struktur dan ciri kebahasaan terhadap kemampuan menulis teks eksposisi sebesar 0,545.</description><date>2016-07-12</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/19518/1/01%20NIM%202123111026%20COVER.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/19518/2/02%20NIM%202123111026%20LEMBAR%20PENGESAHAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/19518/3/03%20NIM%202123111026%20ABSTRAK.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/19518/4/04%20NIM%202123111026%20KATA%20PENGANTAR.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/19518/5/05%20NIM%202123111026%20DAFTAR%20ISI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/19518/6/06%20NIM%202123111026%20DAFTAR%20TABEL.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/19518/7/07%20NIM%202123111026%20DAFTAR%20LAMPIRAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/19518/8/08%20NIM%202123111026%20BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/19518/9/12%20NIM%202123111%20026%20BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/19518/10/13%20NIM%202123111026%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><identifier> Bangun, Hawilla (2016) PENGARUH PEMAHAMAN ISI, STRUKTUR DAN CIRI KEBAHASAAN TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPOSISI OLEH SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 KABANJAHE TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED. </identifier><recordID>19518</recordID></dc>
language ind
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Bangun, Hawilla
title PENGARUH PEMAHAMAN ISI, STRUKTUR DAN CIRI KEBAHASAAN TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPOSISI OLEH SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 KABANJAHE TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016
publishDate 2016
isbn 202123111026
topic LB1603 Secondary Education. High schools
P302 Discourse analysis
url http://digilib.unimed.ac.id/19518/1/01%20NIM%202123111026%20COVER.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/19518/2/02%20NIM%202123111026%20LEMBAR%20PENGESAHAN.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/19518/3/03%20NIM%202123111026%20ABSTRAK.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/19518/4/04%20NIM%202123111026%20KATA%20PENGANTAR.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/19518/5/05%20NIM%202123111026%20DAFTAR%20ISI.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/19518/6/06%20NIM%202123111026%20DAFTAR%20TABEL.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/19518/7/07%20NIM%202123111026%20DAFTAR%20LAMPIRAN.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/19518/8/08%20NIM%202123111026%20BAB%20I.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/19518/9/12%20NIM%202123111%20026%20BAB%20V.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/19518/10/13%20NIM%202123111026%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/19518/
contents Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pemahaman isi, struktur dan ciri kebahasaan terhadap kemampuan menulis teks eksposisi yang dilaksanakan pada bulan April 2016. Penelitian ini dilaksanakan di kelas X SMA Negeri 2 Kabanjahe Tahun Pembelajaran 2015/2016. Sampel penelitian ini sebanyak 32 orang siswa dari jumlah populasi keseluruhan 317 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian korelasional. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan korelasi Pearson (r). Penelitian ini menggunakan dua instrumen tes, yakni instrumen tes soal pilihan ganda dan instrumen esai tes. Sedangkan teknik analisis data dalam kegiatan penelitian dilakukan dengan (a) deskripsi data, (b) uji persyaratan analisis, yaitu uji normalitas dan uji linearitas dan (c) pengujian hipotesis dengan menggunakan korelasi product moment dari Pearson. Ada 8 hasil penelitian yang diperoleh sesuai dengan rumusan masalah pada bab I, yaitu hasil data rata-rata pemahaman isi teks eksposisi berkategori baik; hasil data rata-rata pemahaman struktur teks eksposisi berkategori baik; hasil data rata-rata pemahaman ciri kebahasaan teks eksposisi berkategori cukup; hasil data rata-rata kemampuan menulis teks eksposisi berkategori baik; ada pengaruh pemahaman isi terhadap kemampuan menulis teks eksposisi sebesar 0,554; ada pengaruh pemahaman struktur terhadap kemampuan menulis teks eksposisi sebesar 0,626; ada pengaruh pemahaman ciri kebahasaan terhadap kemampuan menulis teks eksposisi sebesar 0,454; dan ada pengaruh pemahaman isi, struktur dan ciri kebahasaan terhadap kemampuan menulis teks eksposisi sebesar 0,545.
id IOS3150.19518
institution Universitas Negeri Medan
institution_id 60
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Negeri Medan
library_id 564
collection Digital Repository Universitas Negeri Medan
repository_id 3150
subject_area Adat Istiadat
Agama
Akuntansi
city KOTA MEDAN
province SUMATERA UTARA
repoId IOS3150
first_indexed 2016-09-23T02:49:23Z
last_indexed 2016-09-23T02:49:23Z
recordtype dc
_version_ 1766033405738221568
score 17.538404