Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilaksanakan di SMP Swasta Istiqlal Delitua pada tahun pembelajaran 2015/2016. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh kegiatan membaca kritis sastra untuk meningkatkan kemampuan menulis puisi siswa kelas VII SMP Swasta Istiqlqal Delitua Tahun Pembelajaran 2015/2016. Populasi penelitiannya adalah seluruh siswa kelas VII SMP Swasta Itiqlal Delitua tahun pembelajaran 2015/2016 yang terdiri dari empat kelas dengan jumlah siswa sebanyak 150 siswa. Sampel penelitian sebanyak 30 siswa dari populasi yang ditentukan atas dasar pertimbangan peneliti saja, bukan dengan acak melainkan unsur kesengajaan. Penelitian ini bersifat eksperimen dengan model one group pre-test post-test design. Dari pengolahan data diperoleh hasil pre-test dengan rata-rata 62, standar deviasi 8,22, dengan jumlah siswa yang memiliki nilai di bawah KKM (75) sebanyak 26 orang. Sedangkan hasil post-test diperoleh rata-rata 80,1, standar deviasi 9,52, dengan jumlah siswa yang memiliki nilai di bawah KKM (75) sebanyak 8 orang. Berdasarkan uji asumsi klasik data memenuhi data normalitas dan homogenitas maka diperoleh data penelitian ini normal dan sampel penelitian ini berasal dari populasi yang homogen yaitu dengan perhitungan Fhitung < Ftabel yakni 1,007 < 1,84. Berdasarkan uji hipotesis diperoleh data to sebesar 7,667 dan ttabel pada taraf signifikan 5% dengan derajat kebebasan (dk) = d – 1, dk= 30 – 1 = 29 diperoleh taraf signifikan 5% sebesar 2,04 karena to lebih besar dari ttabel yaitu 7,667 > 2,04, maka hipotesis alternatif (Ha) diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh kegiatan membaca kritis sastra terhadap kemampuan menulis puisi siswa kelas VII SMP Swasta Istiqlal Delitua Tahun Pembelajaran 2015/2016