ANALISIS MATERI AJAR DALAM BUKU TEKS BAHASA INDONESIA KURIKULUM 2013 KELAS XI SEMESTER GENAP TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui relevansi, konsistensi dan kecukupan isi buku ajar Bahasa Indonesia kelas XI dengan kurikulum yang berlaku dilihat dari kompetensi inti dan kompetensi dasar kurikulum tersebut yakninya kurikulum 2013. Objek penelitian ini adalah buku teks kelas XI.Instrumen penelitian ini ialah lembar penilaian kesesuaia isi buku dengan kurikulum. Buku yang dianalisis adalah buku ajar pelajaran Bahasa Indonesia untuk kelas XII karya Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan penerbit Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia tahun 2015. Buku ajar Bahasa Indonesia ini jika dilihat dari buku guru maupun buku siswa sudah baik dan layak untuk digunakan. Dalam buku guru berisi langkah-langkah yang harus dilakukan guru dalam proses pembelajaran yang bermanfaat sebagai pedoman guru dalam aktifitas belajar mengajar. Sementara dalam buku siswa terdapat pembahasan materi dan pelatihan kompetensi. Buku ini relevan dengan kurikulum yang berlaku. Dikatakan relevan karna dari indikator yang dianalis, buku ini sudah menyajikan dengan baik yang mana terdapat keberagaman nilai dan materinya mutahir.berdasarkan konsistensinya, buku ini sudah konsisten.Berdsarkan indikator yang termasuk dalam prinsip konsistensi sebagian sudah dijabarkan dalam buku ini dengan baik.Sama halnya dengan prinsip kecukupan, indikator yang terdapat dalam prinsip kecukupan, telah dijabarkan juga dalam buku ini.Dengan begitu buku ajar ini layak digunakan guru dan peserta didik untuk mencapai tujuan pembelajaran.