Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran SAVI terhadap kemampuan menulis teks pidato oleh siswa kelas X SMA Tahun Pembelajaran 2015/2016. Populasi dalam penelitian ini adalah semua kelas X SMA Negeri 1 Bandar yang berjumlah 193 siswa. Dari 193 siswa, ditetapkan sampel sebanyak 30 siswa yang diambil secara acak (random sampling). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen one-group pre-test post-test design. Instrumen yang digunakan untuk menjaring data adalah tes uraian. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji “t”. Data yang diperoleh menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam menulis teks pidato sebelum menggunakan model pembelajaran SAVI masuk dalam kategori kurang dengan nilai rata-rata (mean) yang diperoleh siswa adalah 66,67, sedangkan kemampuan siswa menulis teks pidato sesudah menggunakan model pembelajaran SAVI masuk dalam kategori baik dengan nilai rata-rata (mean) yang diperoleh siswa adalah 76,43. Selanjutnya, uji hipotesis menunjukkan thitung (3,97) > ttabel (2,045) pada taraf signifikan α = 0,05. Dengan demikian ditolak dan diterima, yang artinya ada pengaruh model pembelajaran SAVI terhadap kemampuan menulis teks pidato siswa kelas X SMP Negeri 1 Bandar tahun pembelajaran 2015/2016. Hal ini menunjukkan bahwa hasil pembelajaran menulis teks pidato sesudah menggunakan model pembelajaran SAVI lebih baik daripada hasil pembelajaran sebelum menggunakan model pembelajaran SAVI, dan proses pembelajaran sesudah menggunakan pembelajaran SAVI (Somatis, Auditori, Visual, dan Intelektual) berpengaruh positif terhadap kemampuan menulis teks pidato.