PENGARUH MODEL LEARNING START WITH A QUESTION (LSQ) TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA EKSTENSIF BERITA OLEH SISWA KELAS VIII SMP HARAPAN STABAT TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Learning Start With A Question (LSQ) terhadap kemampuan membaca ekstensif berita oleh siswa kelas VIII SMP Harapan Stabat Tahun Pembelajaran 2015/2016. Populasi dalam penelitian ini adalah semua kelas VIII SMP Harapan Stabat yang berjumlah 149 orang. Dari populasi ini diambil sampel yang terdiri dari 30 orang. Pengambilan sampel dilakukan secara acak dengan cara mengundi seluruh kelas VIII SMP Harapan Stabat, diperoleh sampel yaitu kelas VIII-2. Metode penelitian yang digunakan adalah model desain penelitian one group pre-test post-test design yang hanya dilakukan pada satu kelas saja. Sebelum uji hipotesis, dilakukan uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Distribusi data yang diperoleh: rata-rata pre-test sebesar 62,93 dengan standar deviasi 10,98, sedangkan rata-rata post-test sebesar 79,9 dengan standar deviasi 92,4. Hasil perhitungan uji normalitas: data pre-test diperoleh harga Lhitung = -0,115067 dan Ltabel=0,161. Ternyata (-0,115067 0,161). Hal ini menunjukkan bahwa data pre-test berdistribusi normal. Data post-test diperoleh harga Lhitung = -0115067 dan Ltabel =0,161. Ternyata (-0,115067 0,161). Hal ini menunjukkan bahwa data post-test berdistribusi normal. Untuk menguji homogenitas data dilakukan uji F. Hasil perhitungan homogenitas diperoleh Fhitung = 1,306 sedangkan Ftabel = 1,84 untuk = 0,05, dk= 30orang. Ternyata, Fhitung Ftabel yakni 1,306 1,84. Hal ini membuktikan bahwa sampel berasal dari populasi yang homogen. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji âtâ. Hasil perhitungan uji âtâ diperoleh thitung = 6,2, sedangkan ttabel = 2,045. Karena thitung yang diperoleh lebih besar dari ttabel yaitu 6,2 2,045. Hal ini membuktikan bahwa model learning start with a question berpengaruh positif terhadap kemampuan membaca ekstensif berita oleh siswa kelas VIII SMP Harapan Stabat Tahun Pembelajaran 2015/ 2016.