Daftar Isi:
  • Tujuan dalam penelitian ini adalah memperoleh kemampuan memahami unsur intrinsik novel remaja siswa sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) serta memperoleh pengaruh yang diberikan model pembelajaran tersebut terhadap hasil kemampuan siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Al Washliyah 1 Medan. Lalu dipilih sampel penelitian sebagai perwakilan yang diambil menggunakan teknik random sampling. Maka terpilihlah kelas VIII-1 yang berjumlah 34 orang sebagai sampel penelitian. Metode atau cara yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan model One Group Pre-Test and Post-Test Design. Hasil yang diperoleh siswa adalah berupa pre-test dan post-test. Pre-test dilakukan untuk mengetahui kemampuan awal siswa dalam memahami unsur intrinsik novel remaja sebelum menggunakan model pembelajaran NHT, yaitu memperoleh hasil nilai rata-rata 67,94 dan termasuk dalam kategori cukup. Lalu post-test dilakukan untuk mengetahui kemampuan siswa setelah menggunakan model pembelajaran NHT, yaitu memperoleh hasil nilai rata-rata 77,50 dan termasuk dalam kategori sangat baik. Dari hasil pengujian hipotesis diperoleh yaitu 3,95 > 2,03 maka dapat membuktikan bahwa hipotesis alternatif ( diterima, sehingga dapat disimpulkan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) terbukti memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan memahami unsur intrinsik novel remaja pada siswa kelas VIII SMP Al Washiyah 1 Medan Tahun Pembelajaran 2015/2016