PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MEMPRODUKSI TEKS EKSPLANASI OLEH SISWA KELAS XI SMA NEGERI 2 LUBUK PAKAM TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model Project Based Learning terhadap kemampuan memproduksi teks eksplanasi p oleh siswa kelas XI SMA Negeri 2 Lubuk Pakam tahun pembelajaran 2015/2016. Populasi penelitian ini berjumlah 153 siswa. Dari 153 siswa, ditetapkan 28 siswa yang diambil secara acak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen one-group pre-test post-test design. Instrumen yang digunakan untuk menjaring data adalah tes uraian. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji âtâ. Data yang diperoleh menunjukkan bahwa kemampuan siswa memproduksi teks eksplanasi sebelum menggunakan model Project Based Learning masuk dalam kategori cukup dengan nilai rata-rata 65,35 sedangkan setelah diadakan perlakuan model termasuk dalam kategori baik dengan nilai ratarata 79,28. Selanjutnya pengujian hipotesis menunjukkan thitung > ttabel yaitu 7,21 > 1,87 pada taraf signifikan = 0,05. Dengan demikian, telah terbukti bahwa hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima yaitu model pembelajaran Project Based Learning berpengaruh dalam meningkatkan kemampuan memproduksi teks eksplanasi oleh siswa kelas XI SMA Negeri 2 Lubuk Pakam Tahun Pembelajaran 2015/2016.