PENGARUH PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI TEKS EKSPLANASI OLEH SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 TEBING TINGGI TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model discovery learning terhadap kemampuan mengidentifikasi teks eksplanasi. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Tebing Tinggi Tahun Pembelajaran 2015/2016 yang berjumlah 449 orang siswa. Sampel diambil secara acak kelas yaitu kelas VII-10 yang berjumlah 40 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Instrumen yang digunakan adalah pilihan berganda. Pengolahan data menunjukkan bahwa kemampuan mengidentifikasi teks eksplanasi oleh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Tebing Tinggi tahun pembelajaran 2015/2016 sebelum penerapan model discovery learning (pre-test) termasuk ke dalam kategori cukup dengan nilai rata-rata = 62,87, standard deviasi = 11,72 sedangkan kemampuan mengidentifikasi teks eksplanasi setelah penerapan model discovery learning (post-test) masuk ke dalam kategori baik dengan nilai rata-rata 78,25, standar deviasi = 10,15. Dari uji data hasil pre-test dan post-test didapat kedua hasil berdistribusi normal. Dari uji homogenitas didapat bahwa sampel penelitian ini berasal dari populasi yang homogen. Setelah uji normalitas dan homogenitas, didapatlah t0 sebesar 5,70. Selanjutnya setelah t0 diketahui, kemudian dikonsultasikan dengan tabel t pada taraf signifikan 5% dengan df= N- 1= 40-1 = 39 dari df = 40 diperoleh taraf signifikasi 5% = 2,02, karena t0 yang diperoleh lebih besar dari tabel yaitu 5,70 > 2,02, maka hipotesis penelitian (Ha) diterima. Akhirnya dapat disimpulkan bahwa terdapat taraf signifikansi atas penerapan model discovery learning terhadap kemampuan mengidentifikasi teks eksplanasi oleh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Tebing Tinggi Tahun Pembelajaran 2015/2016.