Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan penguasaan isi, struktur, dan ciri kebahasaan teks ulasan drama terhadap kemampuan menulis teks ulasan drama oleh siswa kelas XI SMK Negeri 1 Lubuk Pakam Tahun Pembelajaran 2015/2016. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMK Negeri 1 Lubuk Pakam Tahun Pembelajaran 2015/2016 dengan sampel berjumlah 66. Metode yang digunakan adalah ex post facto. Dalam penelitian ini data penguasaan isi, struktur, ciri kebahasaan dikumpulkan dengan tes berbentuk pilihan ganda dengan lima pilihan jawaban dan diberi skor 1 untuk jawaban benar, skor 0 untuk jawaban salah. Sedangkan, data kemampuan menulis teks ulasan drama dikumpulkan dengan tes essay.Untuk menguji hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini digunakan dengan teknik analisis regresi ganda. Berdasarkan hasil uji hipotesis dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara penguasaan isi, struktur, dan ciri kebahasaan dengan kemampuan menulis teks ulasan drama. Persamaan regresi ganda yang dihasilkan adalah Y = 25,02 + 0,22 X1+ 0,3 X2 + 0,24 X3 dengan koefisien determinasi (R2) sebesar 84,82% yang berarti bahwa kemampuan menulis teks ulasan drama dapat dijelaskan oleh X1 , X2, dan X3. Dari hasil regresi ganda ditemukan sumbangan efektif variabel penguasaan isi (X1) 31,59%, struktur (X2) 36,44%, dan sumbangan efektif ciri kebahasaan (X3) sebesar 31,97%. Hasil penelitian yang diperoleh terdapat hubungan yang signifikan dan berarti antara penguasaan isi, struktur, dan ciri kebahasaan dengan kemampuan menulis teks ulasan drama.