PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN METAKOGNITIF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIK DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SMP

Main Author: Fauzi, Kms Muhammad Amin
Format: Proceeding PeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://digilib.unimed.ac.id/19487/1/Fulltext.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/19487/
http://eprints.unsri.ac.id/5828/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pembelajaran dan instrumen kemampuan penalaran Matematik dan Kemandirian Belajar Siswa SMP melalui pendekatan metakognitif. Tujuan khusus penelitian ini adalah (1) menganalisa tujuan belajar matematika dalam upaya merumuskan kemampuan penalaran Matematik dan Kemandirian Belajar (2) menganalisis pembelajaran matematika dengan pendekatan metakognitif berdasarkan Kurikulum 2013 di SMP (3) menganalisis dan menyusun panduan untuk guru dan siswa dalam upaya mengembangkan kemampuan penalaran Matematik dan Kemandirian Belajar. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri dan Swasta di Sumatera Utara yang diambil secara acak proporsional yaitu dari Kodya Medan dan Kabupaten Deli Serdang. Jenis penelitian pengembangan (Developmental Research) yang berorientasi pada pengembangan produk. Penelitian dilakukan dalam 3 (tiga) tahap. Hasil yang ditargetkan pada tahap pertama adalah rumusan kemampuan penalaran Matematik, Kemandirian Belajar terhadap matematika dan model awal pembelajaran matematika dengan pendekatan yang diduga efektif, efisien. Model ini tersusun dalam bentuk Buku Siswa, Buku Kerja Siswa, dan Buku Panduan Guru. Hasil yang ditargetkan pada tahap kedua adalah instrumen kemampuan penalaran Matematik, Kemandirian Belajar Siswa dan model ujicoba pembelajaran matematika dengan pendekatan yang telah diujicobakan. Tahap tiga atau tahap akhir diseminasi pembelajaran matematika dengan pendekatan Metakognitif dan instrumen kemampuan penalaran Matematik dan Kemandirian Belajar terhadap matematika.