Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilakukan di MTs Negeri 1 Model Medan Tahun Pembelajaran 2015/2016. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Strategi PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, dan Review ) Terhadap Kemampuan Menemukan Gagasan Utama Wacana Argumentasi Oleh Siswa Kelas VII MTs Negeri I Model Medan Tahun Pembelajaran 2015/2016. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VII MTs Negeri 1 Model Medan yang berjumlah 404 siswa. Sampel diambil dengan menunjuk atau mewakili kelas mana yang akan menjadi kelas eksperimen dan kelas kontrol sebanyak 80 siswa, 40 siswa untuk kelas eksperimen (kelas VII-7) dan 40 siswa untuk kelas kontrol (kelas VII-9). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Instrumen yang digunakan dalam menjaring data adalah tes essay. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji “t”. Dari perolehan data menunjukkan bahwa nilai rata-rata (mean) yang diperoleh siswa di kelas kontrol adalah 63,37 termasuk dalam kategori cukup, sedangkan nilai rata-rata (mean) yang diperoleh siswa di kelas eksperimen adalah 79,75 termasuk dalam kategori baik. Selanjutnya pengujian hipotesis menunjukkan thitung (6,47) > ttabel (2,02) pada taraf signifikan α = 0,05, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh yang siginifikan dari penggunaan strategi PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, dan Review) terhadap Kemampuan Menemukan Gagasan Utama Wacana Argumentasi Oleh Siswa Kelas VII MTs Negeri 1 Model Medan Tahun Pembelajaran 2015/2016.