PENGARUH MEDIA GAMBAR GRAFIK TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PARAGRAF ARGUMENTASI SISWA KELAS X SMA SWASTA GAJAH MADA MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media gambar grafik terhadap kemampuan menulis paragraf argumentasi siswa kelas X SMA Swasta Gajag Mada Medan tahun pembelajaran 2015/2016. Populasi penelitian ini berjumlah 61 siswa. Dari 61 siswa, ditetapkan 30 siswa yang diambil secara acak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen one-group pre-test post-test design. Instrumen yang digunakan untuk menjaring data adalah tes uraian. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji âtâ. Data yang diperoleh menunjukkan bahwa kemampuan siswa menulis paragraf argumentasi sebelum menggunakan media gambar grafik masuk dalam kategori kurang dengan nilai rata-rata 59,5 sedangkan setelah diadakan perlakuan media termasuk dalam kategori baik dengan nilai rata-rata 78,17. Selanjutnya pengujian hipotesis menunjukkan thitung > ttabel yaitu 9,94 > 2,04 pada taraf signifikan = 0,05. Dengan demikian, telah terbukti bahwa hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima yaitu media gambar grafik berpengaruh dalam meningkatkan kemampuan menulis paragraf argumentasi siswa kelas X SMA Swasta Gajah Mada Medan Tahun Pembelajaran 2015/2016.