Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan Kemampuan Membaca Pemahaman Dengan Menulis Rangkuman Isi Teks Oleh Siswa Kelas XI SMK Negeri 1 Padangsidempuan Tahun Pembelajaran 2015/2016. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI SMK Negeri 1 Padangsidempuan Tahun Pembelajaran 2015/2016 yang berjumlah 390 siswa. Sample yang diambil berjumlah 33 orang. Untuk menjaring data dalam penelitian ini digunakan tes bentuk penugasan pilihan berganda tes kepada siswa tentang membaca pemahaman dan tes essay untuk kemampuan menulis rangkuman isi teks. Dalam penelitian rumus yang digunakan untuk mengetahui hubungan kemampuan membaca pemahaman dengan kemampuan menulis isi teks adalah rumus korelasi product moment. Setelah dilakukan penelitian diperoleh kesimpulan bahwa Kemampuan membaca pemahaman siswa kelas XI SMK Negeri 1 Padangsidimpuan berkategori baik. Hal ini dapatdilihat dengan mean variabel X sebesar70,32dan standar deviasi sebesar7,74. Kemampuan menulis rangkuman isi teks siswa kelas XI SMK Negeri 1 berkategori baik. Hal ini dapat dilihat dengan mean variabel Y sebesar73,48 dan standar deviasi sebesar7,48. Terdapat hubungan yang signifikan antara kemampuan membaca pemahaman dengan kemampuan menulis rangkuman isi teks. Koefisien kolerasi antara kemampuan membaca pemahaman dengan kemampuan menulis rangkuman isi teks adalah sebesar 0,706. Kemampuan siswa dalam menulis rangkuman isi teks akan lebih baik jika dibarengi dengan kemampuan membaca pemahaman yang baik pula. Pembelajaran membaca pemahaman bertujuan agar siswa mampu mengambil manfaat pesan yang disampaikan penulis melaluui tulisan.