PENGARUH PENGGUNAAN VIDEO TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS NEGOSIASI SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 LUBUK PAKAM TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan video terhadap kemampuan menulis teks negosiasi oleh siswa kelas X SMK Negeri 1 Lubuk Pakam Tahun Pembelajaran 2015/2016. Populasi dalam penelitian ini adalah semua kelas X SMK Negeri 1 Lubuk Pakam yang berjumlah 780 orang. Dari populasi ini diambil sampel yang terdiri dari 36 orang. Pengambilan sampel dilakukan secara acak dengan cara mengundi seluruh kelas X SMK Negeri 1 Lubuk Pakam. Dan diperoleh sampel yaitu kelas X TGB A. Metode penelitian yang digunakan adalah model desain penelitian one group pre-test post-test design yang hanya dilakukan pada satu kelas saja. Dari pengolahan data, diperoleh nilai rata-rata pre-test = 63,19, standar deviasi = 7,55 digolongkan pada kategori baik = 25%, kategori cukup = 67%, dan kategori kurang = 8%. Nilai rata-rata post-test = 77,91, standar deviasi = 6,8 dan dikategorikan pada kategori sangat baik = 28%, baik = 66%, dan kategori cukup = 6%. Berdasarkan uji normalitas, hasil pretest dan post-test dinyatakan berdistribusi normal. Kemudian, berdasarkan uji homogenitas dinyatakan bahwa sampel berasal dari populasi yang homogeny. Setelah uji normalitas dan uji homogenitas dilakukan, maka diketahui t0 sebesar 8,6. Selanjutnya t0 tersebut dikonsultasikan dengan tabel t pada taraf signifikansi 5% dengan df= N-1, yakni 36-1=35. Dari df 35 diperoleh taraf signifikansi 5%= 2,03. Dengan demikian thitung > ttabel, yakni 8,6 > 2,03 dengan demikian hipotesis alternative (Ha) diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa Penggunaan Video positif terhadap kemampuan menulis teks negosiasi pada siswa kelas X SMK Negeri 1 Lubuk Pakam tahun pembelajaran 2015/2016