PENINGKATAN HASIL BELAJAR RANGKAIAN LISTRIK MELALUI STRATEGI PETA KONSEP
Main Author: | Sriadhi, |
---|---|
Format: | Article PeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
FT UNIMED
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unimed.ac.id/19449/1/Fulltext.pdf http://digilib.unimed.ac.id/19449/ |
Daftar Isi:
- Studi ini ingin membuktikan apakah pembelajaran dengan strategi peta konsep lebih unggul dalam upaya meningkatkan kompetensi hasil belajar dalam mata kuliah Rangkaian Listrik. Penelitian dilakukan dengan studi kuasi eksperimen dan pembelajaran konvensional sebagai variabel kontrol. Analisis data menggunakan uji komparasi dua mean dengan Z-test (one tail test) pada taraf α = 5%. Hasil penelitian menemukan bahwa pembelajaran dengan strategi peta konsep terbukti lebih unggul daripada pembelajaran konvensional. Penelitian juga mampu mencapai indikator kinerja yaitu loncatan perolehan nilai A (sangat kompeten) dari 4,9% menjadi 12,5% dan indeks prestasi dari 2,46 menjadi 3,11, serta berhasil menurunkan persentase kegagalan mahasiswa dari 14,6% menjadi 3,1%.