Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran cooperative script terhadap kemampuan menulis teks berita. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Padang Bolak yang berjumlah 196 orang. Pengambilan sampel dilakukan secara acak dengan cara mengundi seluruh kelas VIII SMP Negeri 1 Padang Bolak, diperoleh sampel yaitu kelas VIII-C yang berjumlah 30 orang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain penelitian one group pre-test post-test design yang hanya dilakukan pada satu kelas saja. Distribusi data yang diperoleh rata-rata pre-test sebesar 65,97 dengan standar deviasi 10,02 sedangkan rata-rata post-test sebesar 81,67 dengan standar deviasi 9,25. Hasil perhitungan uji normalitas data pre-test diperoleh harga Lhitung = dan Ltabel = 0,161. Data tersebut berdistribusi normal dengan ( 0,161). Data post-test diperoleh harga Lhitung = dan Ltabel = 0,161. Dari hasil tersebut dapat dinyatakan bahwa ( 0,161). Hal ini menunjukkan bahwa data post-test berdistribusi normal. Untuk menguji homogenitas data dilakukan uji F. Hasil perhitungan homogenitas diperoleh Fhitung = 1,17 sedangkan Ftabel = 1,84 untuk = 0,05, dk= 30 orang. Ternyata, Fhitung Ftabel yakni 1,17 1,84. Hal ini membuktikan bahwa sampel berasal dari populasi yang homogen. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji “t”. Hasil perhitungan uji “t” diperoleh thitung = 6,23 sedangkan ttabel = 2,04. Karena thitung yang diperoleh lebih besar dari ttabel yaitu 6,23 2,04. Hal ini membuktikan bahwa model pembelajaran cooperative script berpengaruh siginifikan terhadap kemampuan menulis teks berita siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Padang Bolak Tahun Pembelajaran 2015/ 2016.