PENGARUH PENGGUNAAN METODE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS HASIL WAWANCARA KE DALAM BENTUK PARAGRAF OLEH SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 BALIGE TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh metode student team achievement division (stad) terhadap kemampuan menulis teks hasil wawancara ke dalam bentuk paragraf narasi pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Balige Tahun Pembelajaran 2015/2016. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Balige sebanyak 300 orang dan pengambilan sampel dilakukan secara random sampling, sehingga diperoleh sampel penelitian sebanyak 30 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen one group pre-test dan post-test design. Instrumen yang digunakan adalah tes menulis teks hasil wawancara ke dalam bentuk paragraf narasi . Nilai rata-rata sebelum perlakuan (pre-test) adalah 63,4, standar deviasi 9,54, dan standar error 1,77 sedangkan nilai rata-rata setelah perlakuan adalah 80, standar deviasi 10, dan standar error 1,85. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa nilai rata-rata menulis teks hasil wawancara ke dalam bentuk paragraf narasi setelah perlakuan lebih tinggi daripada nilai sebelum perlakuan. Pengujian hipotesis thitung =6,48 kemudian dikonsultasikan dengan ttabel pada taraf signifikasi 5%= 2,04. Karena thitung = 6, 48 > ttabel = 2,044 maka hipotesis nihil (Ho) ditolak. Hal ini membuktikan bahwa metode student team achievement division (stad) mempengaruhi kemampuan menulis teks hasil wawancara ke dalam bentuk paragraf narasi siswa kelas X SMA Negeri 1 Balige Tahun Pembelajaran 2015/2016.