Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan mengubah teks wawancara menjadi narasi oleh siswa kelas VII SMP Swasta Pahlawan Nasional Medan tahun pembelajaran 2015/2016. Populasi penelitian ini berjumlah 480 siswa. Dari populasi tersebut, ditetapkan 96 orang siswa yang diambil secara acak sebagai sampel penelitian. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Instrumen yang digunakan untuk menjaring data adalah tes penugasan. Hasil penelitian yang diperoleh adalah kemampuan mengubah teks wawancara menjadi narasi oleh siswa kelas VII SMP Swasta Pahlawan Nasional Medan tahun pembelajaran 2015/2016 masuk dalam kategori cukup, dengan nilai rata-rata 68. Ada tiga aspek yang dinilai dari kemampuan mengubah teks wawancara menjadi narasi yaitu aspek struktur, penguasaan bahasa, dan mekanik. Berdasarkan hasil penelitian, aspek struktur memperoleh nilai rata-rata tertinggi yaitu 83 yang berada pada kategori baik. Aspek penguasaan bahasa memperoleh nilai rata-rata 55 yang berada pada kategori kurang, dan aspek mekanik memperoleh nilai rata-rata 47,5 yang juga berada pada kategori kurang